Blog Informasi Apa Aja

05 Januari 2008

Komponen-Komponen PC

Berikut Ini Adalah Beberapa Komponen-Komponen PC :
  1. SRAM/ Static RAM
    Chip RAM yang dapat menyimpan sekitar seperempat data pada chip DRAM tetapi jauh lebih cepat dari pada DRAM.
  2. Scan
  3. Menggerakkan alat peka cahaya sepanjang permukaan yang ditempati gambar seperti halaman teks, mengkonversi berbagai bidang pada permukaan menjadi digit biner yang dapat diinterpretasi oleh komputer.
  4. Power Supply
    Alat yang mengubah listrik dari soket listrik menjadi tegangan yang lebih rendah (khususnya 5 sampai 12 volt DC) yang dibutuhkan oleh sistem komputer.
  5. Prosesor
    Disebut juga unit pemrosesan pusat chip tunggal, yaitu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan instruksi-instruki yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak komputer.
  6. Modem
    Singkatan dari modulator/demodulator; alat komunikasi yang memungkinkan komputer mengirimkan informasi melalui saluran telepon piawaian.
  7. Motherboard
    Komponen terbesar di dalam PC. Disebut 'mother' karena papan ini menjadi tempat seluruh komponen PC seperti prosesor, memori utama, rangkaian pendukung dan bus controller.
  8. DRAM (Dynamic RAM)
    Bentuk RAM (Random Access Memory) semikonduktor yang dapat dibaca dan ditulis oleh prosesor atau piranti lainnya. Lokasi penyimpanan data pada rangkaian terpadu (chip) yang mengandung kapasitor dengan kapasiti lebih besar.
  9. CD ROM/ Compact Disc-Read Only Memory
    Bentuk penyimpanan dengan kapasiti tinggi (sekitar 600 megabyte) dan penggunaan laser optic, bukan magnetik, untuk membaca data.
  10. Card
    Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.
    11. Cache Memory
    Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

Komponen-Komponen PC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: