Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

16 September 2012

26 Tips Maintenance Computer Checklist

Sebagai technical support banyak engineer yang sering lalai akan pekerjaannya dalam menjaga sistem komputer end-user, dan kebanyakan permasalahan semakin lama seakan akan semakin menumpuk, hasilnya banyak periferal komputer yang menumpuk di meja IT, hal ini bisa terjadi karena kebanyakan technical support tidak memaintain dengan benar komputer nya, berikut rangkuman maintenance checklist yang harus diperiksa oleh ITTS, its fix!

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk merawat pc anda agar dapat selalu bekerja dengan baik dan memiliki performa yang stabil, kesemuanya tersusun menjadi 26 checklist, yang terdiri dari

System Startup:

1.      Gunakan UPS, Ups itu penting untuk kehidupan komputer khususnya untuk melangsungkan backup nafas komputer sewaktu listrik mati, ataupun tegangan listrik ngedrop, Keberadaan Ups dan Power Supply yang baik akan senantiasa menjaga komponen komponen komputer kita terjaga dengan baik, jadi kalau salah satu komponen komputer kita cepat rusak, jangan langsung menilai komponen tersebut tidak bagus.

2.      Schedule Automate Update untuk Software - Software anda, seperti antivirus, antispyware, dan software software lain yang sifatnya updateable, Untuk Windows bisa menggunakan AutoPatcher (manual Update).

3.      Baca tiap tiap “maintenance section” dalam setiap hardware device yang kita maintain, dan kumpulkan dalam 1 list, cetak dan save.

4.      Setup Email AutoArchive (bagi yang menggunakan Outlook) untuk email yang lama lama, dan set FIXED PATH untuk lokasi lokasi file di Komputer User (untuk memudahkan backup).

5.      Gunakan Software Antivirus Update via internet untuk server dan set update nya ke network untuk client.

6.      Gunakan Software Antispyware, untuk server update ke internet dan set-update-nya ke network untuk client.

7.      Simpan CD Driver di 1 tempat CD Sleeve, dan simpan Semua Driver di NAS untuk Direct Access.

8.      Save di dalam Notepad Spesifikasi dokumentasi PC / Server (yang berlainan), gunakan Tools ini untuk memudahkan pekerjaan anda (dokumentasi).

Weekly / Mingguan (bisa dilakukan di hari Jumat pas sholat jumat)

9.      Lakukan Disk Scan Untuk mengecek kondisi harddisk, bisa dilakukan pada saat boot windows (manualnya dengan command prompt chkdsk Drive: /r/f).

10.  Lakukan Defragmentasi pada disk.

11.  Hapus file file yang tidak di perlukan, seperti cookies, windows temp, profile temp, offline access dan lainya, rangkum dalam 1 batch file untuk menghapus semua item ini, dan execute tiap mingguan.

12.  Backup Files ke NAS / ke remote host (tergantung kebutuhan, Client boleh mingguan, server hari-an / jam-an) ini bisa dilakukan dengan menggunakan batch file (meminimalisasikan penggunaan software).

13.  Update Virus Definition (server)

14.  Update Anti-spy-ware Definition (server)

15.  Run Full Virus Scan di C: (untuk menghemat waktu)

16.  Buat Weekly Report mengenai: Kerusakan Hardware, Disk Space Full, Insiden (ex: Host yang kena Virs, Spyware, software error, dll) dan item lain yang dianggap perlu (dokumentasi).

Monthly / Bulanan

17.  Cek Update Software / Patch dan Save ke dalam NAS
18.  Delete atau Uninstall Program program yang tidak digunakan lagi
19.  Buat Monthly Report Rangkuman dari Weekly Reportnya (Dokumentasi)

Quarterly / 4 Bulanan

20.  Bersihkan Keyboard
21.  Bersihkan Layar Monitor
22.  Bersihkan Peripheral
23.  Bersihkan Komponen dalam komputer dari debu (kalau mau mudah pakai Vacuum)
24.  Ganti dan Update Semua Password
25.  Buat Rangkuman Monthly Report (Dokumentasi perubahan sistem dan konfigurasi)

Yearly / Tahunan

26.  Update Semua Software dan Hardware lalu analisa dari kegiatan rutin Mana yang perlu Improvement untuk meningkatkan Efektifitas kerja end user misalnya, meminimalisasikan pekerjaan yang spesifik dengan tools tertentu, Menghilangkan pekerjaan pekerjaan yang sifatnya rutin dan lainya.

Yearly Report.

Semoga dengan ceklist ini tidak ada yang miss, umur hardware jadi lebih baik, dan semuanya bisa di maintain dengan tepat, misalnya kapan saat penggantian, kapan saat upgrade, dan seterusnya, sehingga kecelakaan / incident terhadap kerusakan perangkat bisa di perkecil jumlahnya.

26 Tips Maintenance Computer Checklist Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: