Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

30 September 2012

Kiat Memperkuat Daya Ingat


Banyak orang yang mengeluh bahwa mereka mulai mudah lupa akan hal-hal kecil atau mengalami penurunan daya ingat. Sebenarnya, otak tidak pernah kehilangan daya ingat. Otak dapat merekam segala sesuatu seperti halnya computer. Kehilangan daya ingat sebenarnya bisa terjadi karena kita tidak mempraktikkan untuk mengingat informasi sehingga memori yang kita miliki bisa hilang.
            Otak, seperti bagian tubuh lainya membutuhkan latihan fisik dan mental serta nutrisi khusus untuk meningkatkan kekuatan daya ingat. Nah, jika kita ingin agar otak dapat berfungsi dengan maksimal, berikut ada 10 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar daya ingat tetap baik.
  1. Konsumsi Kacang Kedelai. Menurut prof. Sandra file dari Guy’s Hospital, London. Kacang mengandung isoflavones. Di dalam otak, isoflavones dapat bertindak sebagai reseptor estrogen, terutama dalam hipokampus, area penting dalam memori.
  2. Konsumsi Zat Besi. Penelitian di Kings College, London dan Universitas Rochester, New York menunjukkan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat berdampak terhadap perkembangan IQ dan fungsi Kognitif. Dalam hal ini, zat besi memainkan peranan penting dalam mengubah sinyal dalam otak.
  3. Konsumsi Kopi. Kopi dapat menigkatkan penampilan mental dan memori.mampu merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga dan kosentrasi. Hasil penelitian di Universitas  Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum menjalani tes memori menujukan perkembangan yang signifikan dibandingkan mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  4. Konsumsi Permen Karet. Para peneliti Jepang menemukan bahwa aktivitas dalam hipokampus mengalami peningkatan saat orang sedang mengunyah permen karet. Tetapi,  Dr.Andrew Scholey  dari Universitas Nothumbria mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.
  5. Konsumsi Minyak Ikan. Minyak ikan banyak mengandung asaam lemak  Omega 3, yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.
  6. Konsumsi Ginkgo Biloba. Ginkgo Biloba dikenal dan digunakan sebagai obat penguat daya ingat selama beribu-ribu tahun yang lalu. Menurut Dr. George Lewith, Ginkgo Biloba dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembulu darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.
  7. Konsumsi Vitamin B. Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadapa kerusakan bebas. Vitamin B dapat mempertajam dan meningkatkan daya ingat. Misalnya, niasin atau B3 sangat baik untuk memperkuat otak, B6 penting untuk memproduksi neorotransmiter, dan B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan .
  8. Lakukan Latihan Mental. Penelitian menunjukkan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki beberapa keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Latihan mental dapat dilakukan dengan menggunakan teknik puzzle, teka-teki, dan minat pada bidang social dan budaya.
  9. Lakukan Latihan Fisik. Latihan fisik setengah jam sebanyak tiga kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak. Olahraga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.
  10. Konsumsi Rosemary dan sage. Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran serta membantu menyembuhkan kelelahan mental.
Sumber : Kesimpulan Hasil Browsing

Kiat Memperkuat Daya Ingat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: