Blog Informasi Apa Aja

03 Desember 2012

Menjadi RECOMMENDED SELLER di Kaskus

sekedar berjualan saja, tidak cukup. Mungkin yang Anda jual sudah menarik secara produk, namunlah ingatlah selalu kalimat ini : Kualitas sesungguhnya dari Produkl hanya Andalah yang tahu, Yang Konsumen lihat adalah bagaimana Tampilannya..


Kalimat ini bukan berarti Kualitas Produk boleh buruk, namun bila Customer belum mencobanya, mau sebagus apapun Productnya, percuma saja. Itu artinya, bagaimana agar Customer mau masuk, melihat, membeli, lalu memberi Testimonial tentang produk Anda, bukan ?

Nah, berikut adalah bbrp hal penting yang perlu Anda perhatikan :
1.Judul
Judul yang dimaksud di sini bukanlah seperti yang dikatakan para Momod, bahwa Judul harus sesuai isi. Betul sekali, harus sesuai isi, namun buatlah judul semenarik mungkin. Jangan membuat judul yang asal2an, apalagi menipu. Buatlah Judul yang dapat menghisap traffic dan menarik sekali terutama untuk pasar yang dituju.
Dengan judul menarik tersebut, trafficnya cukup bagus untuk ukuran SubForum FJB Makanan dan Minuman. Semua itu berkat Judul yang Menarik.

2. Isi lapak
Ini juga tidak kalah pentingnya. Bahaya sekali bila JUDUL sudah sangat HEBOH dan menarik, namun ternyata isinya tidak enak dilihat. Apalagi bila infonya SAMA SEKALI tidak lengkap. Istilahnya Judul itu seperti Penampilan Luar sebuah Outlet, sedangkan Isi adalah Interior dan tingkat Kenyamanan Outlet tersebut. Percuma bila bila Customer masuk namun malah kecewa karena ketidaklengkapan infonya.
Saya seringkali melihat Seller di FJB yang menjual dengan kata2 seperti ini :
"Saya menjual berbagai macam peralatan elektronik (kulkas, TV, dll). Bila tertarik silahkan hubungi saya di : 081xxxxxxxxx atau email di jualan_super_iseng@yahoo.com
HEI BUNG, Anda itu berjualan, bukan membuat iklan baris. Dalam kata2 Anda ada "Bila Tertarik", Bagaimana bisa tertarik bila Anda tidak mencantumkan info apa2 ?? Bahkan sekedar Info bila tidak ada Gambar sudah membuat orang tidak tertarik, apalagi bila infonya juga tidak lengkap.
Kesimpulannya, berikanlah Info selengkap mungkin dalam Lapak Anda. Hiaslah Lapak Anda agar tampak menarik. Dan jangan lupa harus ada Gambar Produk yang Anda jual.

3.Produk dan Harga
Customer sudah masuk ke Lapak Anda, dan sudah betah melihat-lihat Lapak Anda. Langkah selanjutnya, adalah bagaimana membuat ia tertarik membeli. Untuk membuatnya tertarik membeli, ada bbrp syarat :
- Produk harus MENARIK
- Harga harus Sesuai / Cocok.

Produk yang Anda jual, usahakan agar se-unik mungkin. Semakin Unik semakin baik, karena psikologi awal orang membeli di Internet adalah biasanya karena barang tersebut agak sulit didapatkan di pasaran, atau setidaknya sulit didapatkan di daerahnya. Sulit tersebut bisa karena berbagai hal :
- Karena Produk tersebut menjadi Trend-setter (belum umum) - misal : Vietnam Coffee Drip yang saya pasarkan.
- Karena Produk memang belum beredar di pasaran konvensional (misal : Video dan Audio Marketing & Motivasi)
- Karena Produk memang jarang ada di daerah lain (misal : Madu Khas Daerah xxx)
- Karena Produk sudah tidak lagi muncul di pasaran (misal : film2 jadul)

Bagaimana dengan Harga ? Paling penting dari Harga adalah Tidak Overpriced, dan murah pun harus masuk akal. Betul, harga itu sensitif, tapi Kepercayaan dan Reputasi Seller (plus Kualitas Lapak & Product) JAUH lebih berpengaruh. Ada sebuah perkataan dari James Gwee, "Anak kecil bodoh sekalipun bisa kalo disuruh jualan banting harga, tapi bagaimana menarik Customer dengan harga yang Wajar, itulah Tugas Marketing".

Karena itu, berilah harga yang sewajarnya untuk Produk Anda, dan tidak usah perdulikan bila ada kompetitor yang banting harga gila-gilaan bila Anda bisa memberikan nilai lebih untuk Customer. Yang penting harga tersebut adalah BEST PRICE untuk Customer, diiringi dengan Additional Value yang berarti. Additional Value tersebut bisa berupa :
- Mutu Product yang lebih baik
- Bonus2 / Paket2 yang menarik
- Mutu Pelayanan (Service) yang lebih baik
- After Sales Service yang memuaskan
- Reputasi dan jumlah Testimonial Anda yang sudah benar2 RECOMMENDED SELLER

4.After Sales Services & Testimoni
Seperti kata2 Chandra Hartanto dalam bukunya, "Online Buyer memiliki sifat yang sangat sensitif". Ditambah dengan kata2 Hermawan Kertajaya dalam bukunya "New Wave Marketing", "New Wave Generation (yang dimaksud adalah generasi pengguna Internet) memiliki sifat yang sangat ekstrim, bila benci akan benci sekali sampai banyak orang yang tau, namun sebaliknya bila senang, ia juga akan merasa senang sekali sampai merekomendasikannya kemana-mana."

Kata2 ini sangat cocok untuk menggambarkan Online Buyer. Online Buyer itu memang betul2 sensitif, terutama dalam hal kepercayaan. Wajar saja, karena resiko tertipu membeli secara Online itu lebih besar daripada membeli secara konvensional. Karena itu, selalu usahakan untuk selalu menjawab pertanyaan Customer, apalagi setelah dia transfer uangnya. Jangan sampai menghilang dan tidak bisa dihubungi sampai berhari-hari. Ini akan fatal akibatnya karena Customer akan semakin ragu apakah barangnya benar2 dikirim atau tidak.

Dan Testimonial dari Customer yang tidak puas karena kesalahan Anda, bila Anda tidak minta maaf secara baik2, bisa memberikan efek yang sangat buruk bagi BISNIS Anda nantinya. Saya pernah melihat kejadian seperti ini terjadi pada seorang Seller di Kaskus.

Sebaliknya, bila Customer puas, siap2lah Anda menjadi RECOMMENDED SELLER dengan banyak TESTIMONIAL, yang artinya semakin dipercaya pula Anda sebagai SELLER.

Sumber : Forum Kaskus & Moderator Kaskus 

Menjadi RECOMMENDED SELLER di Kaskus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: