Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

09 January 2013

Fenomena Kerja dan Pencari Kerja


Mencari kerja/ bekerja adalah salah satu hal yang di lakukan orang untuk mendapatkan uang selain berbisnis. Dalam berbisnis, kita menjadi pemilik usaha (orang yang mempekerjakan orang lain) namun jika bekerja, kita memposisikan diri sebagi pekerja (orang yang di pekerja kan oleh orang lain).

Tiap orang punya keinginan tersendiri apakah ingin bekerja atau berusaha (berbisnis), kali ini penulis hanya akan membahas berbagi hal mengenai pekerjaan. Dalam mencari pekerjaan adalah hal yang bijak jika kita tidak sekedar mencari, melamar, menunggu panggilan kerja. Namun lebih dari itu, jika kita ingin mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah dan dapat bersaing dengan berbagai macam orang di luar sana, kita harus memiliki strategi khusus.

Strategi tersebut dapat berupa cara mengirim dan membuat lamaran pekerjaan, trik lolos tes psikotes dan kemampuan teknis, trik lolos wawancara. Semua itu setidaknya harus kita persiapkan dengan baik, tidak hanya sekedar “ikut-ikutan” melamar pekerjaan saja.

Para bagian HRD di perusahaan-perusahaan, (seperti yang penulis alami), membutuhkan calon pekerja yang unik, memiliki kepribadian yang di butuhkan oleh perusahaan dan yang jelas, mereka-calon pekerja- harus mau dan siap belajar untuk lebih baik dalam melakukan pekerjaanya.

Sehingga kalau kita ingin diterima dan di sambut hangat oleh perusahaan atau tempat kerja impian kita, buktikanlah bahwa kita serius untuk mendapatkanya. Mulai dari bentuk surat lamaran kita, lampiran-lampiran pekerjaan kita serta kemampuan yang kita miliki.

Persiapan 
Mendapatkan pekerjaan ideal memang susah susah gampang, pekerjaan yang kita inginkan harus lah sesuai dengan factor tertentu antara diri kita dengan pekerjaan yang akan kita jalani. Ada beberapa hal menyangkut pekerjaan yang kita inginkan untuk dijalani, pertama2 untuk mendapatkan pekerjaan itu sendiri,tanyakan lah terlebih dahulu pada diri kita "apa kompetensi atau kemampuan yang kita miliki?"

Jika pertanyaan tersebut terjawab oleh kita,maka dari situ akan memunculkan berbagai peluang pekerjaan yang dapat kita jalani sesuai kemampuan kita.misalanya, kita memiliki kemampuan mengedit foto dan video, dari kemampuan kita tsb, dapat lah kita mengetahui peluang pekerjaan apa saja dari kemampuan kita itu. Kemudian, setelah kita tau kemampuan kita, maka pertanyaan selanjutnya adalah "Apa pekerjaan yang kita inginkan dari latar belakang kemampuan kita?"

jika kita juga mampu menjawab pertanyaan tersebut, langkah selanjutnya adalah mencari tempat untuk kita bekerja sesuai keinginan kita. banyak refrensi tempat kerja untuk kita semua. jangan takut kehabisan info atau refrensi lowongan kerja atau tempat kerja.
1. Refrensi lowongan kerja bisa kita dapatkan dari :
2. Koran/surat kabar (rubrik lowongan kerja :biasanya hari sabtu dan minggu)
3. Teman, saudara dan sahabat (khususnya yang sudah bekerja)
4. Media televisi, radio
5. Internet (bisa dari website depnaker, blog, website penyedia info lowongan kerja “misalnya jobstreet.co.id. Jobsdb.com, karir.com”)
6. Job fair atau bursa tenaga kerja
7. Dan masih banyak yang lainnnya.

Tinggal lah kita,sebisa mungkin meningkatkan keberanian kita dan meningkatkan kemampuan kita, agar kita mampu bersaing dengan orang2 diluar sana seperti kata orang-orang, “yang paling besar kemungkinan di terima di suatu pekerjaan adalah mereka yang paling menonjol kemampuan nya!!!”
Beberapa Saran ampuh untuk pencari kerja:
1. Carilah pekerjan sesuai dg kemampuan dan potensi kemampuan kita.
2. Teruslah berusaha,tanpa kenal lelah, utk mencapai apa yang kita inginkan.
3. Dan yang paling penting, sebagus2x usaha, adalah usaha yang di iringi dengan doa.
 
Sumber : http://wajibbelajarsepanjanghayat.wordpress.com

Fenomena Kerja dan Pencari Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: