Blog Informasi Apa Aja

02 Januari 2013

Kelebihan Cloud Computing

Lower-Cost Computers for Users
Tidak dibutuhkan komputer dengan kemampuan canggih untuk menjalankan web berbasis aplikasi cloud computing. Karena aplikasi berjalan di awan, bukan pada PC desktop.PC desktop tidak memerlukan kekuatan pemrosesan atau ruang hard disk yang besar – besar.Oleh karena itu komputer klien dalam Cloud Computing dapat harga lebih rendah, dengan hard disk yang lebih kecil, memori tidak terlalu besar, prosesor yang lebih efisien, dan sejenisnya.
Improved Performance
Dengan program – programyang lebih sedikit pada memori komputer, pengguna akan melihat kinerja yang lebih baik dari PC mereka. Sederhananya, komputer dalam sebuah sistem Cloud Computing membutuhkan waktu booting dan processing yang lebih cepat karena memiliki program yang lebih sedikit untuk proses load ke memori.
Lower IT Infrastructure Costs
Dalam organisasi yang lebih besar, departemen IT juga bisa melihat biaya yang lebih rendah dari penerapan Cloud Computing.Dengan investasi yang lebih besar dari server yang sebelumnya, staf IT dapat menggunakan kemampuanCloud Computing untuk menambah atau mengganti sumber daya komputasi internal. Perusahaan – perusahaanyang besar tidak perlu lagi membeli komputer dengan spesifikasi yang tinggi untuk melakukan pengolahan dan penyimpanan data.
Fewer Maintenance Issues
Cloud computing sangat mengurangi biaya hardware dan perawatan software untuk organisasi dari semua ukuran.Pertama hardware, dengan lebih sedikit perangkat keras (server yang lebih sedikit) yang diperlukan dalam organisasi, dengan demikian biaya pemeliharaanpun menjadi lebih rendah.Sama halnya dengan perawatan pada perangkat lunak.Dengan Cloud Computing, maka aplikasi yang dibutuhkan cukup diinstal pada sever dengan demikian biaya perawatan pada perangkat lunak yang biasanya digunakanpun menjadi lebih rendah.
Lower Software Costs
Lalu ada masalah biaya perangkat lunak.Tidak perlu lagi membeli paket perangkat lunak terpisah untuk setiap komputer dalam organisasi, karena hanya para karyawan yang benar – benar menggunakan aplikasi saja lah yang membutuhkan akses ke aplikasi di awan. Bahkan jika biaya yang sama untuk menggunakan aplikasi berbasis web seperti halnya perangkat lunak desktop yang sama, staf IT dapat menyimpan biaya instalasi dan pemeliharaan program – programpada setiap desktop dalam organisasi.
Instant Software Updates
Dengan menggunkan cloud computing, maka pengguna lagi tidak diperhadapkan dengan pilihan untuk menggunakan perangkat lunak yang sudah tertinggal dengan biaya upgradeyang tinggi. Ketika aplikasi berbasis web, update terjadi secara otomatis dan tersedia pada saat user log in ke awan. Setiap kali anda mengakses aplikasi berbasis web, anda mendapatkan versi terbaru tanpa perlu membayar atau men-download upgrade.
Increased Computing Power
Bila menggunakan sistem komputasi awan, kitadapat menikmati kecepatan dan kemampuan dari komputasi awan ini sesuai dengan yang diinginkan.Sehingga tidak lagi terbatas pada kemampuan PC desktop yang dimiliki, tetapi sekarang dapat melakukan tugas yang banyak seperti memanfaatkan ribuan komputer dan server. Dengan kata lain, kita dapat melakukan tugas / prosesing yang jauh lebih besar dengan Cloud Computing ini dibandingkan dengan kemampuan PC desktop sebelumnya.
Unlimited Storage Capacity
Awan menawarkan kapasitas penyimpanan yang hampir tidak terbatas.Pertimbangkan bahwa ketika desktop atau laptop kehabisan ruang penyimpanan sehingga tidak dapat melakukan penyimpanan data baru ke dalam desktop / laptop yang dimiliki. Dengan menggunakan cloud computing, anda dapat melakukan penyimpanan dengan kapasitas yang jauh lebih besar.
Increased Data Safety
Data yang disimpan di awan akan tetap berada di awan. Tidak sama halnya dengan menyimpan data di komputer desktop pada umumnya, Cloud Computing diatur agar selalu melakukan duplikasi data dengan backup server sehingga data anda tetap aman meskipun terjadi crash pada server utama.Keamanan ini juga terjadi jika terjadi crash pada desktop/laptop pribadi anda.Karena seluruh data anda tersimpan di awan.
Improved Compatibility Between Operating Systems
Pernah mencoba untuk mendapatkan komputer berbasis Windows untuk terhubung ke Mac?Atau sebuah mesin Linux untuk berbagi data dengan PC Windows?Hal ini dapat membuat kita frustrasi.Tetapi tidak demikian dengan Cloud Computing,kita dapat menghubungkan komputer Windows ke awan dan berbagi document dengan computer yang sedang menjalankan sistem operasi Mac, atau Linux.
Improved Document Format Compatibility
Kita juga tidak perlu kuatir dengan dokumen yang tidak dapat dibuka karena perbedaan versi dari aplikasi yang digunakan. Contohnya, dokumenyang dibuat dengan Microsoft word 2007 tidak dapat dibuka
pada komputer yang menjalankan Microsoft Word 2003.Perlu kita ketahui bahwa dokumen yang dibuat oleh aplikasi berbasis web dapat diakses oleh pengguna lain meskipun pengguna tersebut tidak memiliki aplikasi yang sama. Tidak ada format yang tidak kompatibel, ketika semua orang berbagi dokumen, dan aplikasi di awan.
Easier Group Collaboration
Cloud computing ini sangat mendukung metode pengaksesan dengan banyak pengguna secara bersamaan.Dengan demikian pengguna dapat dengan mudah melakukan kolaborasi pada dokumen dan proyek di awan.Dapat dideskripsikan ketika ada seorang rekan di kantor Pantai Barat, dan konsultan di Eropa yang perlu bekerja sama pada sebuah proyek penting. Sebelum ada komputasi awan, mereka harus mengirim dokumen mereka melalui email yang relevan dari satu user ke user lainnya.Hal semacam ini tidak terjadi dengan Cloud Computing. Dengan Cloud Computing, pengguna dapat melakukan pengaksesan dokumen secara bersamaan. Dengan demikian maka proses kerjasamapun dapat berjalan lebih mudah dan cepat.Hal ini memungkinkan proyek kelompok di lokasi geografis yang berbeda. Tidak ada lagi kelompok yang harus berada di sebuah kantor tunggal. Dengan Cloud Computing, siapa pun dan dimana pun dapat berkolaborasi dalam waktu yang sama.
Universal Access to Documents
Dengan Cloud Computing, maka data kita disimpan di awan. Dengan demikian kita dapat mengakses data tersebut dari mana saja.Kita hanya butuh menyiapkan komputer dan koneksi internet.Semua dokumen langsung dapat kita akses.
Latest Version Availability
Ketika kita sedang mengedit dokumen di rumah, dokumen dengan versi yang telah diedit adalah apa yang  kita lihat saat mengakses dokumen itu di tempat kerja. Awan selalu menampilkan versi terbaru dari dokumen
yang kita buat.Kita tidak pernah dalam bahaya karena menyimpan dokumen dengan versi yang lama pada computer kerja anda.
Removes the Tether to Specific Device
Akhirnya, inilah keuntungan dari cloud computing yang paling utama, kita tidak lagi diganggu lagi oleh keterbatasan suatu komputer atau jaringan.Ketika anda mengubah komputer beserta aplikasi yang ada, maka dokumen tetap dapat diakses melalui awan.Sama halnya ketika berpindah menggunakan perangkat portabel, aplikasi dan dokumen tetap dapat diakses.Kita tidak butuh membeli program dengan versi special untuk perangkat tertentu atau menyimpan dokumen di dalam sebuah perangkat dengan format khusus. Dokumen anda dan program yang anda buat adalah sama, tanpa peduli komputer apa yang anda gunakan.

Sumber: library.binus.ac.id


Kelebihan Cloud Computing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: