Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

09 February 2013

Pengertian dan Hakikat Ilmu



Secara etimologi istilah ilmu adalah sebagai arti dari kata science (inggris) yang berarti pengetahuan. Kata ini berasal dari latinscientia yang diturunkan dari kata science yang berarti mengetahui (to know) dan belajar (to learn).
Ilmu dan pengetahuan merupakan dua kata yang sama artinya, namun tidak selamanya pengetahuan itu ilmu, melainkan pengetahuan yang diperoleh dengan cara-cara tertentu berdasarkan kesepakatan para ilmuwan.
Dari segi terminology, pengertian ilmu menunjukkan sekurang-kurangnya ada tiga hal, yaitu pengetahuan, aktivitas, dan metode untuk mendapatkan pemahaman terhadap pengertian ilmu. Ilmu sebagai pengetahuan (knowledge) adalah pengertian ilmu pada umumnya. Ilmu dikatakan sebagai aktivitas atau kegiatan atau proses ialah serangkaian aktivitas atau proses yang dilaksanakan manusia. Sebagaimana dikatakan oleh Charles Singer yang dikutip oleh the Liang Gie bahwa ilmu adalah proses yang membuat pengetahuan. Istilah ilmu juga merupakan suatu metoda guna memperoleh pengetahuan yang obyektif dan dapat diperiksa kebenarannya.

Pengertian dan Hakikat Ilmu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: