Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

01 April 2013

Jerawat, Ada Apa Denganmu Jerawat ?

Inilah masalah kulit wajah yang paling umum, karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat tidak hanya dialami oleh remaja pada masa pubertas, tetapi bisa juga terjadi pada usia jauh setelahmasa pubertas lewat karena hormon, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat pada kulit tetap bekerja.

Jerawat muncul akibat minyak atau sebum di kulit wajah terjebak di saluran kecil dan bercampur dengan partikel keratin dan bakteri Propionibacterium acnes dalam saluran tersebut sehingga timbul sumbatan yang meradang. Akibatnya timbullah benjolan merah yang mempunyai isi berwarna putih dan mengganggu penampilan. Selain jerawat kita juga mengenal komedo yaitu berupa penyumbatan pori oleh lemak dan kotoran yang mengeras. Bila meradang komedo bisa berkembang menjadi jerawat.

Umumnya, jerawat dialami oleh individu berjenis kulit berminyak. Hai ini bisa disebabkan oleh gangguan pada hormon androgen sehingga kelenjar minyak menghasilkan minyak berlebih. jerawat juga bisa timbul karena faktor keturunan atau karena stres yang memicu produksi minyak di wajah lebih banyak. meski timbulnya jerawat tidak bisa dikontrol, ada beberapa langkah untuk menguranginya

  • Cuci muka minimal dua hari sekali dengan sabun anti jerawat berbahan sulfur dan asam salisilat. Gunakan obat pengering jerawat mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat sehabis memcuci muka untuk membantu pengelupasan kulit mati dan mengurangi peradangan. Hindari juga menggosok kulit dengan buturan scrub karena dapat melukai kulit.
  • Jangan memegang dan memencet jerawat. Memaksa jerawat atau komedo keluar bisa mendorong isi jerawat masuk lebih dalam dan merobek dinding folikel. akibatnya justru bisa timbul jerawat baru dan menyebabkan dan menyebabkan kulit bekas jerawat menghitam serta tidak rata.
  • Gunakan pelembab bebas minyak hanya ketika kulit terasa kering. kalau kulitmu cukup berminyak hingga berjerawat maka kemungkinan pelembab tidak lagi dibutuhkan. Bisa digunakan sehari-hari, kebanyakan pelembab bisa memicu timbulnya jerawat.
  • Jauhi rambut dari wajah, karena rambut mengandung minyak dan bisa menambah atau memperparah jerawat bila bersentuhan. Selain itu, cuci rambutmu secara teratur.
  • Hindari menggunakn make-up, karena make-up bisa menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat semakin parah dan bertambah banyak. bial harus berdandan, gunakan make-up berbahan dasar air dan segera dibersihkan setelahnya. untuk menggunakan sehari-hari gunakan bedak tabur yang lembut dan hindari bedak padat.
  • Kurangi makanan berlemak yang bisa menambah produksi minyak di wajah. sebaliknya, perbanyak makan buah dan sayuran serta minum air putih.
  • Stres dapat menyebabkan produksi hormon berlebihan . Kurangi stres dan metode relaksasi atau curhat dengan sahabat .Selain itu , istirahatlah yang cukup.
Referensi : Serba Serbi Kesehatan Perempuan, Sallika NS
.


Jerawat, Ada Apa Denganmu Jerawat ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: