Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

29 May 2013

Alat Peraga Pembelajaran Persegi Panjang

a.      Papan Berpaku
Papan berpaku ini banyak sekali manfaatnya dalam pengajaran matematika di SD, murah harganya dan dapat kita buat sendiri. Alat peraga ini dibuat dari papan/tekblok yang berbentuk persegi panjang atau persegi. Pada papan ini dibuat persegi-persgi kecil yang pada setiap titik sudutnya ditancapkan paku setengah masuk dan setengah lagi masih tampak/timbul. Papan berpaku sangat praktis, baik untuk anak belajar maupun untuk guru mengajar. Alat lainnya yang diperlukan adalah karet gelang. Seperti tampak pada gambar berikut:
 
Beberapa kegunaan dari papan berpaku adalah:

1)      Guru dapat dengan cepat menunjukan bermacam-macam bentuk geometri bidang seperti segitiga, persegi, persegi panjang, dan lain-lain;
2)      Siswa dengan cepat pula mengikuti guru dalam membuat bangun-bangun geometri tanpa memerlukan banyak waktu untuk menggambar, tanpa memerlukan penghapus, penggaris, pensil dan kertas;
3)      Bentuk geometri yang terjadi lebih sesuai dengan sebenarnya dari pada bila bentuk geometri itu disajikan dengan bangun-bangun geometri dari karton, tripleks atau kertas lainnya, sehingga tidak menyesatkan persepsi anak. Misalnya dalam hal daerah segitiga dengan segitiga, persegi dengan persegi dan sebagainya;
Dengan papan berpaku dapat menghitung luas dan keliling berbagai daerah yang bentuknya tidak beraturan;







a.      Persegi Satuan
Alat peraga ini digunakan untuk mambantu anak dalam memahami pengukuran keliling dan luas bangun datar,  membandingkan keliling dan luas bangun datar persegi panjang dan persegi, serta menemukan rumus luas dan keliling persegi panjang dan persegi, Pitajeng, (2006: 177). Menyesuaikan dengan KBK (Depdiknas, 2003), kegiatan ini diberikan di kelas III.
 

Alat ini terdiri atas persegi-persegi kecil dengan ukuran sisi 3 cm yang kongruen, kertas polos, penggaris dan pensil. 

Alat Peraga Pembelajaran Persegi Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: