Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

04 May 2013

Belajar Keuangan Dengan Game Robert Kiyosaki Cashflow 101 dan 202


Siapakah Robert Kiyosaki ?

Robert T Kiyosaki adalah penulis buku Rich Dad Poor Dad, dan The Cash Flow Quadrant yang menjadi best seller di seluruh dunia. Karyanya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, dan menjadi panduan penting bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha dan investor.

“Banyak orang bergumul dengan kesulitan finansial, yang sebenarnya disebabkan mereka bertahun-tahun sekolah tapi tidak belajar apapun tentang uang. Hasilnya, orang bekerja untuk mendapatkan uang, dan tak pernah belajar bagaimana memiliki uang yang bekerja untuk mereka,”demikian ujar Robert dalam buku Rich Dad Poor Dad.

 Pesan Robert sangat jelas,”bertanggungjawablah atas keuangan anda atau hanya menerima nasib sepanjang hidup anda. Anda menjadi tuan atas uang atau budak uang. Terserah anda memilihnya.”
Berulang kali, dalam ceramah maupun dalam bukunya, Robert selalu mengajarkan agar kita jangan bekerja untuk mencari uang, tapi berusahalah agar uang bekerja untuk kita. Bukunya yang berjudul Rich Dad Poor Dad maupun The Cashflow Quadrant dengan penuh semangat dan dengan cara yang mudah dipahami, ia mengajarkan bermacam kiat agar kita menjadi kaya, dalam arti uang bekerja untuk kita, bukan kita bekerja untuk uang.

Teori Keuangan Cashflow Quadrant

Karya Robert yang paling dikenal adalah membagi kategori hidup orang berdasarkan sumber penghasilan ke dalam 4 kuadran, yakni kuadran I E (employee/pegawai), Kuadran II S (Self Employed/pekerja lepas), Kuadran III B (business Owner/pemilik usaha), dan kuadran IV I (Investor/penanam modal).

Robert mengatakan, kebanyakan dari kita berpotensi memperoleh penghasilan dari keempat kuadran. Contoh kasus seorang dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit dengan jabatan direktur, memiliki klinik spesialis anak, dan punya usaha perkebunan. Sebagai direktur rumah sakit, sang dokter ada di kuadran I (E), namun sebagai seorang ahli penyakit anak, ia bertindak sebagai self employed (S). Ia juga memiliki usaha perkebunan, yang berarti seorang business owner (B). Bisa jadi dokter itu juga melakukan investasi di sektor properti atau yang lainnya yang berarti masuk ketagori kuadran IV.

Nah sang dokter adalah orang yang lengkap hidupnya karena mengalami hidup dalam kuadran I-IV.

Belajar Cashflow Quadrant dengan Game 


Games ini dibuat cukup menarik dan menyenangkan sangat cocok untuk mengasah dalam hal melatih kecerdasan mengelola financial (keuangan). Games ini dibuat agar bagaimana pemainnya bisa mendapatkan Pasif Income, sehingga dengan Pasif Income ini orang bisa mendapatkan penghasilan tanpa dia bekerja, Dan tahap berikutnya setelah orang bisa mencapai pendapatan Pasif Income, tahap berikutnya pemain mendapat tantangan untuk bagaimana bisa dapat mewujudkan mimpinya (antara lain : jalan-jalan ke 7 keajaiban dunia, makan malam dengan presiden, atau berlibur ke Afrika dan masih banyak lagi).

Pertama kali memainkan games ini membutuhkan sedikit penyesuaian dalam hal memahami bahasa inggris, tapi setelah memahami permainannya wahhh bikin ketagihan sekaligus memotivasi bagaimana cara mengelola financial (keuangan) dengan baik sehingga mencapai mendapatkan Pasif Income.

Game terbagi dua bagian yaitu :
  1. CASHFLOW 101 mengajarkan pada Anda bagaimana mengendalikan keuangan pribadi Anda, membangun suatu bisnis lewat manajemen arus kas yang benar, dan belajar cara berinvestasi dengan keyakinan lebih besar dalam real estate dan bisnis-bisnis lainnya. CASHFLOW 101 mengajarkan keterampilan-keterampilan dasar melek financial dan investasi. Produk edukasional ini terdiri dari video, dan egame. Dibutuhkan setidaknya dua kali memainkan permainan ini agar Anda bisa memahaminya. Dengan demikian, kami menganjurkan agar Anda memainkan permainan ini sedikit-dikitnya enam kali agar bisa mulai menguasai dasar-dasar manajemen arus kas dan investasi.
2.  CASHFLOW 202 mengajarkan Anda untuk menggunakan teknik-teknik investasi dari para investor yang memenuhi syarat misalnya short selling, call option, put option, dan straddles, teknik-teknik yang bisa sangat mahal untuk dipelajari di pasar yang sesungguhnya. Kebanyakan investor takut pada anjloknya pasar. Qualified investor menggunakan piranti-piranti yang diajarkan dalam CASHFLOW 202 untuk meraup uang, sementara investor rata-rata kehilangan uang.





 


Belajar Keuangan Dengan Game Robert Kiyosaki Cashflow 101 dan 202 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: