Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

13 May 2013

Hakekat Pembelajaran Kontekstual



Pembelajaran kontesktual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata, sehingga peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.
Nur, 2002 (Khaerudin dan Soedjiono, 2005: 75) mengemukakan bahwa:
Hakekat pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa-siswa TK sampai dengan SMA untuk menguatkan, memperluas dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademik mereka dalam berbagai macam tatanan dalam sekolah dan luar sekolah  agar dapat memecahkan masalah dunia nyata atau masalah-masalah yang disimulasikan.

Mulyasa, 2003 (Sofyan dan Amiruddin, 2007: 10) mengemukakan 5 (lima) elemen yang harus yang harus diperhatikan dalam pembelajaran kontekstual, yaitu :
1.      Pembelajaran harus memperhatikan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh peserta didik.
2.      Pembelajaran dimulai dari keseluruhan (global) menuju bagian-bagian secara khusus (dari umum ke khusus)
3.      Pembelajaran harus ditekankan pada pemahaman, dengan cara (a) menyusun konsep sementara, (b) melakukan sharing untuk memperoleh masukan dan tanggapan dari orang lain, dan (c) merevisi dan mengembangkan konsep
4.      Pembelajaran ditekankan pada upaya mempraktekkan secara langsung apa yang dipelajari.
5.       Adanya refleksi terhadap strategi pembelajaran dan pengembangan pengetahuan yang dipelajari.

Beranjak dari pengertian di atas, hakekat pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata peserta didik dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (Sofyan dan Amiruddin, 2007: 10-11).

Hakekat Pembelajaran Kontekstual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: