Blog Informasi Apa Aja

13 Mei 2013

Memahami Hasil Belajar

Dalam  melakukan  kegiatan  belajar  terjadi  proses  berpikir  yang melibatkan kegiatan mental, terjadi penyusunan hubungan informasi-informasi yang  diterima  sehingga  timbul  suatu  pemahaman  dan  penguasaan  terhadap materi  yang  diberikan.  Dengan  adnya  pemahaman  dan  penguasaan  yang didapat setelah melalui proses belajar mengajar maka siswa  telah memahami suatu perubahan dari yang tidak diketahui menjadi diketahui. Perubahan inilah yang disebut dengan hasil belajar.
Menurut  Crow  and  Crow , mengemukakan  bahwa  hasil belajar  merupakan  perolehan  kebiasaan-kebiasaan,  pengetahuan  dan  sikap. Pemerolehan  ini  termasuk  suatu  cara  baru  melakukan  sesuatu  dan  cara mengatasi masalah pada situasi baru.
 Sedangkan menurut Skiner, mengatakan  bahwa  hasil  belajar merupakan  respon  (tingkah laku)  yang  baru.  Pada  dasarnya  respon  yang  baru  itu  sama  pengertiannya dengan  tingkah  laku  (pengetahuan,  sikap,  keterampilan)  yang  baru.
  Dari beberapa definisi di atas bahwa hasil belajar merupakan suatu perubahan yang berupa  perubahan  tingkah  laku,  pengetahuan  dan  sikap  yang  diperoleh seseorang setelah melakukan proses kegiatan belajar.  
Hasil  belajar  merupakan  peristiwa  yang  bersifat  internal  dalam  arti sesuatu yang  terjadi di diri  seseorang. Peristiwa  tersebut dimulai dari adanya perubahan  kognitif  yang  kemudian  berpengaruh  pada  perilaku.Dengan demikian  perilaku  seseorang  didasarkan  pada  tingkat  pengetahuan  terhadap sesuatu yang dipelajari yang kemudian dapat diketahui melalui  tes, dan pada akhirnya muncul hasil belajar dalam bentuk nilai riel atau non riel.
Proses pendidikan mempunyai  tujuan yang  ingin  dicapai,  yang  dapat dikategorikan  menjadi  tiga  bidang,  yakni  bidang  kognitif  (penguasaan intelektual), bidang afektif (berhubungan dengan sikap dan nilai) serta bidang psikomotorik (kemampuan/keterampilan untuk bertindak/prilaku).
 Tipe  belajar  hasil  kognitif  meliputi  tipe  belajar  hasil  pengetahuan hafalan (knowledge), tipe hasil belajar pemahaman (comprehention), tipe hasil belajar  penerapan  (aplicationi),  tipe  belajar  hasil  analisis,  dan  tipe  belajar evaluasi.  Tipe  hasil  belajar  afektif  berkenaan  dengan  sikap  dan  nilai.
 Sedangkan  tipe  hasil  belajar bidang  psikomotorik  tampak  dalam  bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu (perseorangan). Hasil  belajar  atau  achievement  merupakan  realisasi  atau  pemekaran dari  kecakapan-kecakapan  potensial  atau  kapasitas  yang  dimiliki  seseorang.
Penguasaan hasil belajar oleh sesorang dilihat dari perilakunya, baik perilaku dalam  bentuk  penguasaan  pengetahuan,  keterampilan  berpikir  maupun keterampilan motorik.
 Pencapaian belajar atau hasil belajar diperoleh setelah dilaksanakannya suatu  program  pengajaran.  Penilaian  atau  evaluasi  pencapaian  hasil  belajar merupakan  langkah  untuk mengetahui  seberapa  jauh  tujuan  kegiatan  belajar mengajar (KBM) suatu bidang studi atau mata pelajaran telah dapat dicapai.
  Jadi hasil belajar yang dilihat dari tes hasil belajar berupa keterampilan pengetahuan  integensi,  kemampuan  dan  bakat  individu  yang  diperoleh  di sekolah biasanya dicerminkan dalam bentuk nilai-nilai tertentu. Tes bertujuan untuk membangkitkan motivasi siswa agar dapat mengorganisasikan pelajaran dengan baik.  

Memahami Hasil Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: