Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

28 May 2013

Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat


Operasi penjumlahan dalam bilangan bulat sering di sebut sebagai penjumlahan bilangan bulat saja. Di dalam mengoperasikan penjumlahan bilangan bulat kita sering menggunakan tanda tambah (+) dan tanda kurang (-). Tanda (+) dan tanda (-) pada suatu bilangan adalah merupakan petunjuk akan kedudukan bilangan tersebut pada suatu garis bilangan terhadap 0 atau titik pangkal. Sementara tanda (+) dan (-) pada operasi dua atau lebih bilangan-bilangan merupakan petunjuk akan bentuk operasi dari bilangan-bilangan tersebut.

Operasi dua atau lebih bilangan – bilangan mempergunakan tanda (+) lazimnya merupakan operasi tambah atau penjumlahan. Sementara tanda (-) adalah merupakan operasi kurang atau selisih. Kedua tanda (+) dan (-) di dalam operasi bilangan-bilangan bulat pada umumnya. Dikelompokkan sebagai tanda dari bentuk operasi penjumlahan.

Bentuk – bentuk operasi penjumlahan bilangan bulat mencakup :
a.       Penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat positif
b.      Penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif
c.       Penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat positif
d.      Penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat negatif

Ada beberapa cara untuk menanamkan konsep penjumlahan dua bilangan bulat negatif maupun dua bilangan bulat yang berlainan tanda. Cara yang di maksud antara lain dengan menggunakan garis bilangan atau dengan menggunakan benda konkret yang dapat di utak atik untuk mempernudah siswa memahami cara – cara tersebut,siswa harus terlebih dahulu menguasai penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. 

1.  Menggunakan Benda Konkret

Guru perlu menyiapkan potongan-potongan karton yang berbentuk persegi panjang secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Para siswa juga diminta untuk menyiapkan dan membawa ke kelas pada saat pelajaran matematika. Potongan-potongan karton tersebut diberi dua warna yang berbeda misalnya hitam dan putih. Karton berwarna hitam dianggap mewakili bilangan bulat negatif dan karton yang berwarna putih dianggap mewakili bilangan bulat positif. Kemudian guru menjelaskan prinsip kerja alat peraga tersebut, yaitu : (1) jika a dan b kedua-duanya adalah bilangan bulat positif atau bilangan bulat negatif, maka gabungkanlah sejumlah potongan karton kedalam potongan karton lain yang berwarna sama, (2) jika  a bilangan positif dan b bilangan negatif atau sebaliknya, maka kita memasangkan masing-masing satu karton hitam dengan satu karton putih, hasilnya adalah potongan karton yang tidak mempunyai pasangan.  
 
2.  Menggunakan garis bilangan
Penjumlahan bilangan bulat sebagai perpindahan sepanjang suatu garis bilangan. Suatu bilangan bulat positif menggambarkan gerakan kearah kanan, sedangkan bilangan bulat negatif menggambarkan gerakan kearah kiri. Titik permulaan selalu dimulai pada titik yang mewakili bilangan nol.

Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: