Blog Informasi Apa Aja

29 Mei 2013

Pengertian Bangun Datar



a.      Pengertian Bangun Datar
Bangun-bangun geometri baik dalam kelompok bangun datar maupun bangun ruang merupakan sebuah konsep abstrak. Artinya bangun-bangun tersebut bukan merupakan sebuah benda konkret yang dapat dilihat maupun dipegang. Demikian pula dengan konsep bangun geometri, bangun-bangun tersebut merupakan suatu sifat, sedangkan yang konkret, yang biasa dilihat maupun dipegang, adalah benda-benda yang memiliki sifat bangun geometri. Misalnya persegi panjang, konsep persggi panjang merupakan sebuah konsep abstrak yang diidentifiaksikan melalui sebuah karakteristik.
Dari uraian di atas maka bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun yang rata yang mempunyai dua dimensi yaitu panjang dan lebar tetapi tidak mempunyai tinggi dan tebal. Dengan demikian pengertian bangun datar adalah abstrak.           
b.      Jenis-Jenis Bangun Datar
Bangun datar ditinjau dari segi sisinya dapat digolongkan menjadi dua jenis, yakni bangun datar bersisi lengkung dan lurus. Bangun datar bersisi lengkung antara lain lingkaran, ellips, dan bangun-bangun lainnya. Bangun datar yang bersisi lurus antara lain segitiga, persegi, persegi panjang, segi lima, jajaran genjang dan lain-lain. Untuk memperkenalkan gambar bangun datar  dapat kita perkenalkan beberapa potongan kertas berbentuk bangun datar  atau juga dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar yang berbentuk bangun datar. Contoh  potongan kertas  yang  berbentuk bangun datar:
 

a.       Persegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun geometri yang disusun dari empat titik yang segaris dan dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya serta sisi yang berhadapan sama panjang.
   
Sifat-sifat persegi panjang  adalah sebagai berikut:
a).  Sudut-sudutnya sama besar yaitu 900
b).  Sisi yang berhadapan sama panjang
c).  Kedua diagonalnya saling membagi sama panjang
d).  Mempunyai dua simetri lipat dan simetri dua simetri putar.
                            
a.       Penanaman Konsep Keliling  Persegi Panjang
Konsep keliling suatu bangun geometri dapat ditanamkan kepada siswa SD melalui kegiatan siswa. Misalkan siswa diminta berjalan mengelilingi halaman sekolah sambil mengukur panjang lintasan yang dilaluinya. Kemudian barulah guru memulai memperkenalkan istilah keliling suatu bidang sebagai panjang lintasan pinggir atau batas dari bidang yang dimaksud. Pemahaman konsep keliling berdasarkan kegiatan siswa tersebut perlu diperkuat dengan beberapa latihan menghitung keliling suatu bangun yang digambarkan.
 

Pengertian Bangun Datar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: