Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

29 May 2013

Pengertian Belajar

Belajar bukanlah semata-mata mengumpulkan dan menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi atau materi pelajaran. Bukan pula sebagai latihan belaka seperti pada latihan membaca dan menulis. Ada beberapa definisi tentang belajar yang dikemukakan oleh para ahli antara lain, menurut  Skemp dalam Patta, (2006) bahwa “Belajar adalah suatu perubahan dari sistim direktori yang memungkinkannya berfungsi lebih baik”. Sardiman (2006) menyatakan“ Belajar adalah perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian kegiatan”.
Pendapat yang senada juga dikemukakan pula oleh Djamarah (2002) menyatakan “Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomor”. Lebih lanjut Brown dan Knight dalam Patta (2006) “Belajar adalah adanya perubahan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan sikap yang diperoleh melalui pengalaman dan refleksi pengalaman”. Sehingga siswa diharapkan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah aktifitas mental yang berlangsung dalam interaksi anak dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap, dan nilai.

Pengertian Belajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: