Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

08 May 2013

Penyebab dan Gejala Kerusakan Pada Harddisk

Dalam keseharian kita menggunakan komputer kadang kita mendapati komputer tiba-tiba hang pada saat mengakses data, hal ini membuat kita bingung dan bertanya-tanya apakah penyebab masalah ini ? mungkinkan ini ada kerusakan kompunen dalamnya. Kali ini saya mencoba menginformasikan penyebab dan gejala kerusakan pada harddisk yang mana komponen ini biasanya menyebabkan komputer hang selain masalah memori dan processor. Silahkan di simak

 Penyebab Kerusakan Pada Harddisk

  • Suhu Harddisk Terlalu Panas
Faktor suhu sangat berpengaruh pada kelangsungan fungsi harddisk. Jika panasnya terlalu tinggi, pembacaan data pada harddisk akan kacau. Dalam jangka waktu lama, usia harddisk akan menjadi pendek. Oleh karena itu, sirkulasi udara di dalam CPU harus dijaga. jangan menutup lubang udara yang terletak pada casing CPU.
  •   Guncangan
Guncangan keras pada CPU akan menyebabkan kerusakan harddisk secara fisik. Pada saat bekerja, head harddisk mengambang di atas permukaan piringan. guncangan atau benturan akan menyebabkan head hardisk menyentuh bagian-bagian magnetik disk. Padahal, disk tersebut berputar sangat cepat. Akibatnya, jalur pada daerah rawan, seperti FAT atau direktori akan rusak.
  • Kerusakan Komponen
kekuatan komponen-komponen pada harddisk sangat bergantung pada kualitas pabrikan dan cara penggunaannya. Pemakaian yang terus menerus akan menyebabkan panas yang berlebihan sehingga komponen-komponen harddisk akan cepat rusak. Penggunaan yang serampangan juga akan memperpendek umur komponen ini. misalnya pada saat memakai harddisk kita tidak melakukan prosedur parkir sebelum mematikan komputer, sehingga posisi head dapat berada di sembarang posisi. jika head berhenti dan menyentuh permukaan disk tempat data atau sistem disimpan, bisa dipastikan lapisan magnet penyimpan data tersebut akan rusak.

Gejala Kerusakan Pada Harddisk

  • Kesulitan Membaca Data
Kerusakan ini ditandai dengan pembacaan data oleh head pada daerah tertentu yang berulang-ulang (retry). Pembacaan data ini tidak akan berhenti sebelum berhasil. Proses bergeraknya head pada saat kesulitan membaca sama seperti ketika membaca bad sector, tetap pada kasus ini head akhirnya berhasil membaca data. Kesulitan membaca data ini bisa menjadi tanda-tanda akan terjadinya bad sector.
  • Bisa Diformat tetapi Tidak Dapat Dibaca
Harddisk bisa diformat dan melaporkan keberadaan bad sector. Namun ketika membaca data, head akan kesulitan melakukannya.
  • Terjadi Bad Sector 
Bad sector pada hardisk adalah sector pada hardisk yang sudah yang sudah tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Hal ini tentunya sangat merugikan kita. Ada dua macam bad sector, yaitu bad sector yang bersifat sementara dan bad sector yang permanen. Bad sector sementara sebenarnya hanya bersifat software dan secara fisik platter tidak rusak, sedangkan pada bad sector permanen memang ada sector yang rusak secara fisik.
  • Tidak Ada Suara Mendenging
Motor penggerak tidak bekerja dengan baik, kadang-kadang tidak dapat start atau berhenti setelah beberapa saat.
  • Platter Rusak
Kerusakan pada platter harddisk bisa disebabkan oleh goresan head.
  • Komponen Elektronik Ada Yang Rusak
  • Head Rusak
Kerusakan pada head dapat menyebabkan harddisk tidak dapat diakses sama sekali, biasanya head tidak dapat bergerak karena tertahan piringan.

Demikian, semoga bermanfaat

Sumber Referensi :
Panduan Menjadi Teknisi Komputer, Ahmad Yani

Penyebab dan Gejala Kerusakan Pada Harddisk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: