Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

20 May 2013

Prinsip dan karakteristik Pendekatan Matematika Realistik



Menurut Gravenmeijer (Fauzan, 2001: 2-3) Pendekatan Matematika Realistik mengandung tiga prinsip utama yaitu:
a.       Guided reinvention through progressive mathematizing (penemuan terbimbing melalui matematisasi progresif). Siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri konsep matematika dengan menyelesaikan berbagai masalah kontekstual. Masalah kontekstual dijadikan sebagai sarana untuk mengawali pembelajaran sehingga memungkinkan siswa mencoba memecahkan masalah tersebut dengan caranya sendiri.
b.      Didactical Phenomenology. Siswa dibiasakan untuk bebas berpikir dan berani berpendapat. Tidak mustahil jika cara yang digunakan siswa tidak sama dengan pemikiran guru, tetapi cara dan hasilnya benar. Dengan cara ini, dominasi guru perlu dikurangi dengan menunjukkan kebenaran cara-cara yang digunakan siswa.
c.       Self developed models (mengembangkan model sendiri). Prinsip ini berfungsi sebagai jembatan antara pengetahuan matematika informal dan matematika formal siswa. Siswa mengembangkan model sendiri sewaktu memecahkan masalah kontekstual dengan menyusun matematika secara mandiri atau kelompok yang terkait dengan masalah yang dipecahkan.
Untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik, seorang guru juga harus memahami karakteristik dari Pendekatan Matematika Realistik. Menurut Gravenmeijer (1991) (Marpaung, 2001: 3) ada lima karakteristik Pendekatan Matematika Realistik yaitu:
(1) menggunakan masalah kontekstual (the use of context), (2) menggunakan model (use models, bridging by vertical instrument; (3) menggunakan kontribusi siswa (student contribution); (4) interaktivitas (interactivity), (5) terintegrasi dengan pembelajaran lainnya (intertwining).

Dengan mencermati prinsip utama dan karakteristik Pendekatan Matematika Realirtik di atas, dapatlah dikatakan bahwa pada dasarnya Pendekatan Matematika Realistik adalah pemanfaatan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran sehingga dapat mencapai pendidikan matematika secara lebih baik.

Prinsip dan karakteristik Pendekatan Matematika Realistik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: