Blog Informasi Apa Aja

13 Mei 2013

Prinsip Penerapan Pembelajaran Kontekstual

Berkaitan dengan faktor kebutuhan individu siswa, untuk menerapkan pembelajaran kontekstual, guru perlu memegang prinsip pembelajaran sebagai berikut :
1.      Merencanakan pembelajaran sesuai dengan kewajaran perkembangan mental siswa. Artinya, isi kurikulum dan metodologi yang digunakan untuk mengajar harus didasarkan pada kondisi sosial, emosional, dan perkembangan intelektual siswa.
2.      Membentuk kelompok belajar yang saling tergantung (independent learning groups). Artinya, siswa saling belajar dari sesamanya di dalam kelompok-kelompok kecil dan belajar bekerja sama di dalam tim lebih besar (kelas).
3.      Menyediakan lingkungan yang mendorong pembelajaran mandiri (self regulated learning).
4.      Mempertimbangkan Keragaman Siswa (diversity of students). Artinya, di kelas guru harus mengajar siswa dengan berbagai keragamannya, misalnya latar belakang suku bangsa, status sosio ekonomi, bahasa utama yang dipakai di rumah, dan berbagai kekurangan yang mungkin mereka miliki.
5.      Memerhatikan Multi Intelegensia (multiple intellegences) siswa. Artinya dalam pembelajaran kontekstual guru harus memerhatikan kebutuhan dan kecerdasan yang dimiliki siswa.
6.      Menggunakan tehnik-tehnik bertanya (qustioning) untuk meningkatkan pembelajaran siswa, perkembangan pemecahan masalah, dan keterampilan berfikir tingkat tinggi.
Menerapkan Penilaian Autentik (authentic assessment). Penilaian autentik mengevaluasi penerapan pengetahuan dan berfikir kompleks seorang siswa, daripada hanya sekedar hafalan informasi aktual

Prinsip Penerapan Pembelajaran Kontekstual Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: