Blog Informasi Apa Aja

31 Mei 2013

Basmi Tikus dan Penyakit Yang Ditimbulkan


Tikus termasuk mamalia suku Muridae. Spesies tikus yang paling dikenal adalah Mencit (Mus spp.) serta Tikus Got (Rattus Norvegicus) yang ditemukan hampir di semua negara. Sebagai hewan pengerat, tikus merupakan ancaman serius bagi rumah Anda. Tikus merupakan hewan yang cukup cerdas. Tikus memiliki naluri terhadap pengendalian tikus seperti perangkap dan umpan. Sepasang tikus dapat menghasilkan 200 keturunan dalam empat bulan.

Jenis –Jenis Tikus


1.       Mencit
Mencit (Mus musculus) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang berukuran kecil. Mencit mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari.

 2.       Tikus rumah (Rattus rattus)
Tikus rumah (Rattus rattus) adalah hewan pengerat biasa yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serta melompat.
 
3.       Tikus Got (Rattus norvegicus)
Tikus got, tikus coklat, tikus rumah besar atau tikus laboratorium (Rattus norvegicus) adalah salah satu spesies tikus yang paling umum dijumpai di perkotaan
 
4.       Tikus Sawah (Rattus argentiventer)
Tikus sawah  (Rattus argentiventer) adalah tikus yang mudah dijumpai di pedesaan dan perkotaan di penjuru Asia Tenggara. Tikus berukuran sedang, cenderung lebih kecil daripada tikus got, dengan panjang 30-40cm (termasuk ekor). Warna rambut coklat kekuningan. Perutnya berambut kelabu dengan tepi putih. Nama argentiventer berarti berperut keperakan. Ekornya berwarna coklat.  

 
5.       Tikus Wirok (Bandicota Sp)
Moncong tikus ini adalah luas, lebar dan pendek dan seakan-akan berbentuk bulat berbeda dengan tikus lain.

Penyakit  Yang Bisa di Timbulkan dari Tikus

Berikut beberapa penyakit yang bisa disebarkan tikus seperti yang kami kutip dari situs Badan Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC):

1. Murine Thypus
Penyakit ini disebabkan infeksi virus R. typhi yang ditularkan kepada manusia melalui kutu yang berasal dari tikus. 
2. Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS)
Penyakit ini merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan tikus yang terinfeksi melalui air seni, tinja atau air liur mereka.
3. Rat-bite fever (RBF)
Penyakit ini disebabkan bakteri Streptobacillus moniliformis yang ditularkan melalu gigitan atau cakaran tikus. RBF juga bisa menular karena konsumsi makanan yang sudah tercemar kotoran tikus.

4. Salmonella enterica serovar Typhimurium
Penyakit ini akan menimbulkan gejala diare, kram perut, muntah-muntah serta mual dan bisa berlangsung selama tujuh hari. Hati-hati jika terjadi gejala ini pada anak-anak karena bisa menjadi fatal apabila tak ditangani secara serius.

5. Leptospirosis
Penyakit ini ditimbulkan bakteria dari genus Leptospira. Jika dialami manusia banyak gejala yang timbul seperti demam tinggi, pusing-pusing, menggigil, kejang otot, muntah, mata merah, sakit pada otot perut, diare serta ruam kulit. Jika tak ditangani bisa menimbulkan kerusakan ginjal, meningitis, kegagalan fungsi hati serta gangguan pernafasan.

Tips Membasmi Tikus

Untuk membantu anda dalam membasti tikus saya akan menyampaikan tips-tips untuk membasmi tikus, silahkan di simak ,
  1. Jangan Memberi Makanan, lo kok memberi makanan, siapa sih yan mau memberi makanan ? maksud saya jangan biarkan ada sisa makanan di rumah terbuka sehingga memudahkan bagi tikus untuk mendapatkan makanan, kalau ada sisa makanan harus di bersihkan apabila dalam wadah terbuka.
  2. Tutuplah celah-celah yang mudah di masuki oleh tikus.
  3. Pasanglah jebakan, banyak jebakan tikus yang tersedia di pasaran ada yang tradisional atau yang elektrik.
  4. Gunakan racun tikus, ingat jauhkankan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Racun tikus biasanya bereaksi sekitar 1 jam jadi biasa tikus bersembunyi apabila sudah sudah kena racun hal ini juga merepotkan apabila sembunyi di sela-sela lemari.
  5. Peliharalah kucing yang gesit dan pemberani
  6. Belilah alat Pestonic, alat pengusir tikus yang merupakan penemuan baru dari Jepang, yang menggunakan suara frekuensi tinggi yang sangat mengganggu tikus tapi sama sekali tidak berpengaruh pada manusia.
    Alat Pengusir Tikus Pestronic ini pada dasarnya meniru suara jangkrik (secara naluriah tikus sangat tidak suka /takut dengan suara jangkrik). Dan karena frekuensinya bisa diatur sampai ultrasonic, tikus saja yang bisa mendengarnya sangat jelas. Seperti suara denging tinggi yang mengganggu pendengarannya.
  7. Tebarkanlah kapur barus pada tempat yang biasa dilalui tikus.
  8. Gunakan Minyak Mint, daun sirsak, jengkol dan durian hal tersebut sangat mengganggu penciuman tikus sehingga tikus kabur. 
Dari berbagai Sumber



Basmi Tikus dan Penyakit Yang Ditimbulkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: