Blog Informasi Apa Aja

22 Juni 2013

Isolator Bentuk Cair



Cairan  adalah benda yang pada suhu biasa berbentuk cair. Cairan ini banyak sekali macam dan sifatnya. Umumnya tidak dalam keadaan  murni, tetapi merupakan perseyawaan  macam-macam unsur. Pemakaian cairan sebagai bahan penyekat tidaklah banyak jenisnya .Umumnya digunakan sebagai bahan pengering dan pelarut.  Justru cairan yang paling penting dan banyak penggunaanya untuk penyekat ialah minyak transformator dan minyak kabel.
Air banyak macamnya antara lain :
1)    air hujan yang sifatnya agak murni
2)    air sumur ,rawa dan sungai
3)    air tambang atau mineral
4)    air laut terutama mengandung garam dapur (NaCl)
kesemuanya itu bukan merupakan bahan penyekat ,tapi justru kehadirannya akan membahayakan penyekat karena sifatnya yang dapat merusak yaitu terjadinya karat  karena korosi atau karena beroksidasi dengan air.
Air suling atau air murni ,dapat disebut sebagai bahan penyekat  walaupun  masih dapat mengalirkan arus listrik dalam jumlah yang sangat kecil tapi  karena air dalam susunan kimianya mengandung zat asam yang mudah bergabung terutama dengan logam maka air ini tidak dipakai sebagai bahan penyekat listrik secara langsung .
   A.  Minyak transformator
            Minyak transformator adalah hasil pemurnian minyak bumi  minyak ini terutama diperlukan sebagai pendingin sebab transpormator, tahanan pengasut, penghubung tenaga, utamanya yang bekerja pada tegangan tinggi sangat membutuhkan pendinginan, karena tanpa pendinginan yang baik maka akan merusak penyekat pada bagian inti, lilitan, dan pada bagian lain yang perlu. Contoh yaitu pada penampang transformator dengan pendinginan minyak yang dipompakan apabila suhunya meningkat tinggi maka akan terjadi hal–hal sebagai berikut  :
1)      suhu naik maka besar tahanan naik pula.
2)      karena terdiri atas campuran logam maka akan menimbulkan retaknya penyekat.
3)      karena suhu yang terlampau tinggi sehingga dapat merubah susunan dan bentuk bahan.
       Inti dan belitan pada trasformator atau seluruh kotak pada pemutus arus  seluruhnya  dimasukan ke dalam bak yang berisi minyak, karena itu minyak harus merupakan bahan penyekat, syarat–syarat mutlak yang dibutuhkan sebagai  minyak transformator yaitu:
1)      minyak harus cair dan jernih tidak berwarna
2)      bebas dari air ,asam, alkali, aspal ,dan ret.
3)      boleh mengandung campuran abu, asam, apabila memenuhi takaran tertentu
B.  Minyak kabel         
Minyak kabel juga merupakan salah satu hasil pemurnian minyak bumi. Minyak kabel digunakan  untuk memadatkan  penyekat kertas pada kabel tenaga ,kabel tanah, dan terutama kabel tegangan tinggi, kecuali untuk menguatkan baik daya sekat mekanisnya, penyekat kertas, juga untuk menjaga atau menahan air supaya tidak meresap. sekaligus sebagai elektrikum .
         Pada dasarnya penyekat bentuk cair digunakan sebagai bahan pembersih pada alat-alat listrik misalnya pada reustak. Hal ini banyak difungsikan sebagai  pengisolasi atau bahan pengisi seperti pada  minyak trafo yang merupakan pemurni bahan- bahan mineral. Oleh karena itu bahan isolasi bentuk cair banyak digunakan karena memiliki daya tembus tinggi dan daya hantar yang kuat. Adapun kendala–kendala yang biasa menghambat kerja yaitu misalnya pada minyak trapo biasa terdapat air dan asam .
C. Cairan sintesis
       Di samping bahan–bahan tersebut di atas  terdapat pula isolasi cair sintesis yang juga digunakan pada teknik listrik. Isolasi cair sintesis yang sering digunakan pada teknik listrik adalah cairan yang berisi chloor (hidrokarbon) seperti difenil (CH) dimana 3 sampai 5. Atom hydrogen  diganti dengan atom chloor .Bahan–bahan ini diantaranya adalah sovol, askarel, araclor, pyralen, shibanol.
        Sovol adalah bahan cair yang agak kental ,tidak berwarna, massa jenisnya. Lebih besar dari  minyak trafo. dan tegangan tembusnya hampir sama dengan  minyak trafo  dan permiabilitasnya lebih tinggi .
       Sovol yang dicampur dengan sedikit trichlobenzena (CHCL)untuk mengurangi kekentalannya  sehingga diperoleh bahan baru yang disebut sovtol. Karena sovol dan sovtol tidak terbakar bila dengan udara  dan tidak menyebabkan ledakan. Maka itu trafo yang diisi sovtol tidak berisiko kebakaran dan ledakan sehingga sovtol tidak digunakan pada isolasi pada pemutus  dan juga bahan ini beracun sehingga penggunaanya harus hati –hati 

Isolator Bentuk Cair Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: