Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

23 June 2013

Membuat Magnet



Ada tiga cara untuk membuat sebuah magnet, yaitu:
1. dengan cara menggosok
2. dengan cara menggunakan arus listrik.
3. dengan cara induksi.
          
1. Membuat magnet dengan cara menggosok
            Sebatang baja dapat dibuat menjadi magnet dengan cara menggosoknya dengan sebuah magnet batang,seperti ditunjukkan pada gambar 6.3 Gosokkan ujung magnet batang yang kamu pegang sepanjang permukaan batang baja dengan salah satu arah saja, misalnya dengan arah berlawanan jarum jam. Kutub magnet yang dihasilkan di ujung penggosok selalu berlawanan denagn kutub magnet yang menggosoknya.
 

Gambar 6.5. Sebatang baja dibuat menjadi magnet dengan cara gosokan

2. Membuat magnet dengan menggunakan arus listrik
            Cara yang paling efektif untuk membuat sebatang baja menjadi magnet dalah dengan melilitkan ratusan kawat penghantar pada batang baja tersebut, kemudian mengalirkan arus listrik searah yang besar pada kumparan kawat selama satu sekon atau lebih (Gambar 6). Magnet yang dihasilkan dengan cara ini lebih kuat dari pad magnet hasil gosokan.
 
Ujung dari batang baja yang merupakan kutub utara bergantung pada arus listrik yang melalui kumparan. Ini ditentukan dengan bantuan aturan genggaman tangan kanan (Gambar 6 7)
.
   
Gambar 6.7. Aturan Genggaman Tangan
 
Sesuai dengan arah arus listrik pada Gambar 6.7 aturan genggaman tangan kanan menghasilkan arah tunjuk ibu jari adalah ke liri. Karena itu ujung kiri magnet batang baja merupakan kutub utara. Magnet yang dibuat dengan menggunakan arus listrik disebut elektromagnet atau magnet listrik .

3. Membuat magnet dengan cara induksi
            Jika sebatang besi dan baja kita dekatkan (tanpa menyentuh) pada sebuah magnet kuat, batang besi dan baja tersebut akan menjadi magnet. Peristiwa batang besi atau baja menjadi magnet karena sebuah magnet kuat yang berada di dekatnya (tanpa menyentuh) disebut induksi magnet. Dengan kata lain, kita membuat magnet dengan cara menginduksi. Membuat magnet dengan cara induksi juga  dapat dilakikan dengan menggunakan arus listrik.
            Uji kutub yang dilakukan pada magnet hasil induksi menunjukkan bahwa kutub magnet induksi yang dekat dengan kutub magnet utama selalu berlawanan dengan kutub magnet utama itu (Gambar 8 tengah)
            Jika magnet utama dijauhkan dari batang besi dan baja yang telah menjadi magnet karena induksi, besi segera kehilangan sifat magnetiknya, sedangkan baja tetap dapat mempertahankan sifat magnetiknya (Gambar 8 paling kanan). Kita katakana bahwa besi adalah magnet sementara, sedangkan baja adalah magnet tetap (permanent).
 

Sifat magnetik dapat dihilangkan dengan cara pemanasan atau pemukulan. Kedua proses ini menyebabkan atom-atom magnet bergetar lebih kuat dan mengganggu keteraturan magnet-magnet elementer. Magnet-magnet elementer yang tadinya segaris (searah) menjadi berarah sembarangan. Sehingga benda kehilangan sifat magnetiknya.
                     
 
 

Membuat Magnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: