Blog Informasi Apa Aja

04 Juni 2013

Pengertian Bimbingan Kelompok



Pelaksanaan bimbingan kelompok merupakan suatu layanan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu dan atau membahas secara bersama-sama pokok bahasan (topik) tertentu yang berguna untuk menunjang pemahaman dan kehidupan mereka sehari-hari. Dan atau untuk pengembangan diri baik secara individual maupun sebagai siswa, dan untuk pengambilan keputusan dan atau tindakan tertentu Sumardi (Sukardi: 2000).
Bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Menurut Gazda (Prayitno, 1995: 308) ”bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat”. Gazda juga menyebutkan bahwa bimbingan kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, vokasional, dan sosial. Dengan demikian jelas bahwa dalam bimbingan kelompok ialah pemberian informasi untuk keperluan tertentu bagi para anggota kelompok.

Hallen (2005: 80-81) mengemukakan definisi dari bimbingan kelompok, yaitu:
“bimbingan kelompok yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh bahan baru dari narasumber tertentu (terutama dari guru pembimbing) dan membahas secara bersama-sama pokok bahasan tertentu yang berguna untuk menunujang pemahaman dan kehidupan sehari-hari dan untuk perkembangan dirinya sebagai individu maupun sebagai pelajar, dan untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan tindakan tertentu.” 
 
Menurut Sukardi (2000) ”bahwa bimbingan kelompok adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan  sejumlah peserta didik yang secara bersama-sama memperoleh berbagai pengetahuan yang berfungsi menunjang kehidupan sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar melalui dinamika kelompok”.
Bimbingan kelompok (Amti dan Marjohan: 1993 ) ”adalah bimbingan yang diberikan kepada sekelompok individu dengan memakai pola yang sederhana memberikan arti bahwa bimbingan kelompok diberikan kepada sekelompok individu yang mengalami masalah yang sama serta merupakan usaha membantu individu dengan memanfaatkan suasana yang berkembang di kelompok itu”.
Menurut Nurihsan (2006: 23) bimbingan kelompok adalah “bantuan terhadap individu yang dilaksanakan dalam situasi kelompok, bimbingan kelompok berupa penyampaian informasi atau aktivitas kelompok membahas masalah-masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi dan sosial.”
Jenis-jenis bimbingan kelompok terdiri atas dua yaitu: (1) bimbingan kelompok bebas, dimana dalam kegiatannya para anggota kelompok bebas  mengemukakan pikiran dan perasaanya dalam kelompok dan selanjutnya apa yang disampaikan mereka dalam kelompok itulah yang menjadi pokok bahasan kelompok. (2) bimbingan kelompok tugas, salah satu bentuk penyelenggaraan bimbingan kelompok di mana arah dan isi kegiatan kelompok itu tidak ditentukan oleh anggotanya melainkan diarahkan kepada penyelesaian suatu tugas (Amti Dan Marjohan: 1993) 
Romlah (1989: 3) mengemukakan bahwa: “Bimbingan kelompok adalah proses pemberian bantuan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok”. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa.


Referensi :


Sukardi, Dewa ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta. Penerbit : Rineka Cipta.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta : Ghalia Indonesia.  
Hallen, A. 2005. Bimbingan dan Konseling. Ciputat : PT. Ciputat Press.
Sukardi, Dewa ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta. Penerbit : Rineka Cipta.  
Amti, Erman & Marjohan. 1993. Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Nurihsan, Achmad Juntika. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Refika Aditama. 
Romlah, T. 1989. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

 


 

Pengertian Bimbingan Kelompok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: