Blog Informasi Apa Aja

22 Juni 2013

Seng Sebagai Penghantar Listrik



Seng juga merupakan barang tambang, maka didalam seng tercampur pula beberapa unsure lain. Setelah melalui proses pemurnian, seng mempunyai daya hanyar arus listrik yang baik. Pemakaian seng pada teknik listrik adalah sebagai penghantar karena mengandung unsur besi.
1. Sifat, Jenis dan Kegunaannya

Seng merupakan logam yang diperoleh secara elektrolisis dan bahan oksida seng (ZnO). Seng baja dipakai dalam bidang konstruksi bangunan ataupun pada bahan penghantar arus listrik, karena merupakan daya hantar listrik yang baik dan kuat. Selain itu juga seng sangat mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam bentuk yang diinginkan.

Pada pembuatan seng, dimana besi dileburkan dalam tanur kemudian ke dalam tungku disemburkan gas oksigen murni melalui sebuah pipa. Gas akan mengoksidasi dengan sangat hebatnya sehingga suhu mendekati titik didih. Pada proses pembuatan memerlukan waktu yang tidak lama dan menghasilkan seng yang anti karat.

Seng banyak dipakai sebagai pelapis, pelindung terjadinya karat, karena seng lebih tahan terhadap karat dari logam lain, misalnya besi. Harganya pun murah , seng memiliki sifat sebagai berikut:
1.     Titik cair 419 C
2.     Titik didih 906 C
3.     Berat jenis 7,1
4.     Berwarna abu-abu mudah
5.     Tahanan jenis 0,12 ohm mn\m.

Pada seng pelapis dilakukan secara galvanis seperti pada tembaga. Seng mudah dituang, maka dengan sifatnya itu sering dipakai untuk pencampur   bahan lain yang sukar di buang.umpamanya Tembaga.
Adapun jenis seng di kenal dalam perdagangan seperti:
1.        Seng yang berbentuk plat
2.        Seng yang berbentuk gelombang
3.        Seng dalam berbentuk kawat
4.        Seng tuang dalam bentuk balok

2. Pembuatan Seng DAN pemurnian seng
Pemurnian seng di peroleh secara elektrolisis dari bahan oksida seng(ZnO)pemurnian mencapai kadar 97,75% Zn,pada pemurnian Zn unsure Zn mudah hilang dengan penguapan.pengoptimalam bubling akan meningkatkan kecepatan pembersian Zn.namun demikian di samping waktu prosesnya yang lama metode ini hanya dapat meng eliminasi unsure-unsur tertentu saja tergandung dari sifat reaksi dan berat jenis.
Metode lain yang di lakukan yaitu dengan compound separation (pemisahan pengatur dengan membuat paduan yang berbeda berat jenis).pengeliminasian Pb ari kuningan dengan menambahkan Co dan penyaringan

3.  Seng sebagai penghantar listrik
Seng banyak di pakai sebagai pelapis pelindung terjadinya karat,karena seng lebih tahan terhadap karat dari logam lain.dalam teknik listrik seng banyak di pakain untuk bahan selongsong elemen kering yang merup[akan kutup negatifnya,batang-(elektroda)elemen galfani.

Seng Sebagai Penghantar Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: