Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

04 June 2013

Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial



Bruce (Sanjaya, 2008:205) mengemukakan bahwa Inkuiri sosial merupakan strategi pembelajaran dari kelompok sosial sub kelompok sub masyarakat. Sub kelompok ini didasarkan pada asumsi bahwa metode pendidikan bertujuan untuk mengembangkan masyarakat yang ideal yang dapat hidup dan dapat mempertinggi kualitas kehidupan masyarakat. Oleh karena itulah siswa harus diberi pengalaman yang memadai bagaimana caranya memecahkan persoalan-persoalan yang muncul dimasyarakat, melalui pengalaman itulah setiap individu akan dapat membangun pengetahuan yang berguna bagi diri dan masyarakat.
Massialas & Cox (wena, 2009:81) mengemukakan bahwa pemilihan Strategi Pembelajaran inkuiri sosial untuk memecahakan masalah dalam pembelajaran sosial karena :
(1) Strategi ini khusus dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah-masalah sosial. (2) Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi  ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah-masalah sosial. Joice & weil (wena, 2008:81).

(3) Strategi ini merupakan sinkronisasi antara teori mengajar dan teori belajar, yang memilki prosedur yang sistematis dan mudah diterapkan oleh pengajar.

Beradasarkan pengertian diatas, bahwa Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial merupakan  suatu rangkaian kegiatan kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.
        1.      Prinsip dan Karakteristik Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial
Secara umum perinsip Strategi pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut:
a.    siswa akan bertanya jika merekah dihadapkan pada masalah yang membingungkan
b.    siswa dapat menyadari dan belajar menganalisis strategi berpikir merekah.
c.    Strategi berpikir baru dapat diajarkan secara langsung dan ditambahkan pada apa yang telah merekah miliki.
d.   Inkuiri dalam kelompok dapat memperkaya pikiran dan membantu siswa dalam belajar mengenai pengetahuan yang sementara dan menghargai pendapat orang lain.
Selanjutnya ada 3 karakteristik dari Strategi pembelajaran inkuiri sosial adalah sebagai berikut :
a.    Adanya aspek (masalah) sosial dalam kelas yang dianggap penting dan dapat mendorong terciptanya diskusi kelas.
b.    Adanya rumusan hipotesis sebagai fokus untuk inkuiri.
c.    Penggunaan fakta sebagai pengujian hipotesis.
    2.      Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial
Dalam penerapannnya ada beberapa keunggulan Strategi pembelajaran inkuiri sosial diantaranya adalah sebagai berikut:
a.    Strategi Pembelajaran Inkuiri sosial merupakan Strategi Pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui pendekatan ini dianggap lebih bermakna.
b.    Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar merekah.
c.    Strategi Pembelajaran Inkuiri sosial dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingka laku berkat adanya pengalaman.
d.   Keuntungan lain adalah pembelajaran ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memilki kemampuan diatas rata-rata. Artinya, siswa yang memilki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa  yang lemah dalam belajar.
Disamping memilki keunggulan, Strategi Pembelajaran  inkuiri sosial juga mempunyai kelemahan, diantaranya :
a.    Jika Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial digunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
b.    Pembelajaran ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
c.    Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannnya dengan waktu yang telah ditentukan.
d.   Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka pembelajaran ini akan sulit diimplimentasikan oleh setiap guru.


Referensi :



Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontomporer. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: