Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

22 June 2013

Tembaga Sebagai Penghantar Listrik

Tembaga juga merupakan bahan tambang, maka di dalam tembaga tercampur beberapa unsur lain setelah melelalui proses permurnian  Tembaga mempunyai daya hantar listrik yang tinggi yaitu 57Ω. pemakaian tembaga pada teknik listrik adalah sebagai penghantar. contohnya kabel NYA, NYAF serta masih banyak yang lainnya.
Tembaga mempunyai ketahanan terhadap korosi. Karena tembaga merupakan bahan tambang maka tercampur unsur lain. setelah melalui proses pemurnian didapatkan tembaga. tembaga termasuk bahan yang tidak mengandung besi dan sangat penting. tembaga memiliki sifat-sifat yang sangat berharga dalam segi fisis,mekanis,dan kelistrikan. sifat fisis tembaga dapat melebihi tahan pada suhu yang sangat tinggi dan udara lembab dari pada baja.titik cair 10830 C dan titik didinya mencapai 2595oC. Sifat mekanis tembaga termasuk salah satu logam murni yang kuat.bahan agak keras tetapi sangat kenyal, kekal dan dapat renggang.
Karena memiliki sifat-sifat tersebut maka tembaga sangat luas pemakaiannya,meliputi pekerjaan tarif pada pembuatan kawat,pekerjaan press untuk kebutuhan dan peralatan listrik, misalnya kap-kap pelindung kumparan yang di pakai dalam teknik radio.pengepresan dapat dikerjakan sampai tipis karena lilitanya. macam-macam pekerjaan teknik pembuatan pipa, batang, lembaran, dan sebagainya. Pekerjaan tarik dapat dilakukan secara dingin tetapi lama kelamaan bahan akan menjadi keras dengan di pijarkan lagi tembaga akan menjadi lunak kembali.
Tembaga memiliki   ketahanan   yang tinggi    terhadap  karat, oksidasi, mudah dipatri maupun dilas, sehingga sangat menguntungkan bagi pemakaian dalam teknik listrik yang banyak membutuhkan pekerjaan tersebut Sifat listriknya tidak diragukan lagi dalam pemakaiannya, justru termasuk bahan yang memiliki daya hantar baik.

 1.  Proses pemurnian tembaga
Cara pertama ialah menggunakan tanur listrik untuk memisahkan unsur-unsur lain misalnya belerang. Cara kedua ialah elektrolitis keduanya mengahsilkan tembaga dalam bentuk batang ,ingot dan sebagainya.
Hasil di atas masih dikerjakan lagi dalam macam-macam pabrik tembaga keras ialah tembaga yang ditarik dingin, untuk pembuatan hantaran trasmisi atau batang-batang rel tembaga. semuanya tidak bersekat. tembaga keras ini sifat-sifat mekanis dan listriknya baik. tembaga ini kuat  tegangan tariknya mencapai 40kg/mm2  kalor dipijarkan sampai 3500 C, kemudian didinginkan oleh udara sehingga menjadi lunak lagi ,tetapi kekutan mekanisnya menurun.demikian pula sifat pegasnya


2.   Tembaga komutator
        Tembaga ini cukup keras, supaya tidak lekas aus oleh gesekan sikat-sikatnya. Penampang tembaga ini berbentuk trapezium. Selain untuk komutator dipakai juga untuk rel-rel pengumpul, berbentuk bilah dengan panjang antara dua sampai lima meter. Meskipun tembaga mempunyai ketahanan karat lebih baik dari baja, tetapi dapat juga berkarat. Oleh sebab itu pada pemakaiannya hindarilah terlalu lama dalam keadaan lembab. Lebih-lebih tembaga yang lunak dalam pengangkutan dan pemakaian harus hati-hati,sebab cacat/rusak oleh pukulan dan goresan. Pemakaian tembaga tidak selalu dalam keadaan murni.        

Dalam hal ini daya hantar listriknya menurun. Kekuatan mekaniknya bertambah. Macam-macam campuran itu mempunyai nama-nama tersendiri. Misalnya perunggu ini banyak sekali macamnya, kuningan dan sebagainya. Perunggu kadnium digunakan khusus untuk pengatur, kontak dan lamel komutator. Ini dibutuhkan kekerasannya, sehingga tidak mudah aus oleh gesekan sikat maupun oleh bunga api yang sering timbul.

3.   Sifat-sifat tembaga.
Sifat-sifat tembaga antara lain :
·         Kuat dan Ulet
·         Dapat ditempa
·         Tahan Korosi
·         Penghantar listrik dan panas yang baik
·         Logam yang kurang aktif

4.   Sifat-sifat utama tembaga
Tembaga adalah logam keperakan, dengan daya hantar yang tinggi (antara semua logam-logam asli, Tembaga terletak dalam kelompok yang sama seperti perak dan emas, oleh itu tembaga mempunyai sifat-sifat yang sama dengan kedua-dua logam di atas. Kesemuanya mempunyai daya hantar elektrik yang tinggi. Kesemua adalah logam yang mudah ditempa. Dalam keadaan cair, suatu permukaan jelas (apabila tiada cahaya sekitar) logam itu kelihatan agak kehijauan, dan begitu juga dengan emas. Perak tidak memiliki sifat ini, maka ia bukan merupakan warna pelengkap untuk warna pijar jingga. Apabila tembaga lebur berada dalam keadaan cahaya terang, kita dapat melihat kilau merah jambunya.. Tembaga tidak larut dalam air (H2O) dan isopropanol atau isopropil alkohol. Terdapatnya dua isotop stabil, 63Cu dan 65Cu, dan berpuluhan jenis radioisotop. Keaslian tembaga dinyatakan sebagai 4N bagi yang mempunyai kemurnian 99.9999% dan 7N bagi 99.9999999%.

5.   Pengolahan Tembaga
Biji tembaga dihaluskan dengan alat peremuk batuan. Bijih dicampur air sehingga terbentuk slurry. Slurry dimasukkan ke tangki sel flotasi dengan tujuan pemisahan dari mineral pengotor. Diperoleh konsentrat Cu dalam bentuk Cu dengan kadar tinggi. Diproses lanjut dalam pabrik pengawa-airan (dewatering plant)  untuk menghilangkan air dengan Penyaring putar  Pengeringan sampai di dapat konsentrat Cu yang kering. Ekstraksi tembaga murni dari konsentrat tembaga dengan dengan: Prometalurgi  Elektrolisis (dengan arus listrik) Bijih tembaga yang terpenting adalah berupa sulfida sperti kalkosit dan kalkopirit. Penambangan tembaga di Indonesia terdapat di Papua (irjan,Sulut, Jabar dan beberapa daerah lain.. Penyaring putar Pengeringan sampai di dapat konsentrat Cu yang kering.

6.   Tembaga sebagai penghantar listrik
Kabel sepaksi adalah kabel elektrik yang berbentuk bulat, dikelilingi oleh isolasi. Kabel ini direka bagi membawa isyarat jalur lebar atau berfrekuensi tinggi, seperti dalam pemancar berfrekuensi tinggi. Kadang kala arus searah (direct current)

 



Contoh Aplikasi Tembaga sebagai Penghantar Listrik

Kabel coaxial boleh jadi kuat atau mudah lentur. Jenis tegar mempunyai pembalut pejal, sementara jenis mudah lentur mempunyai pembalut berjalin, kedua-dua biasanya diperbuat dari wayar tembaga halus. Penebat dalam, juga dikenali sebagai dielektrik, mempunyai kesan jelas pada ciri-ciri kabel, seperti ciri-ciri galangan (impedance) dan (attenuation). Dielektrik juga mungkin penuh atau berlubang dengan ruang udara

Tembaga Sebagai Penghantar Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: