Blog Informasi Apa Aja

21 Juni 2013

Tools SEO dalam Memonitor Saingan di Google

Dalam dunia pemasaran secara online kita membutuhkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan dan menjual produk apalagi kalau produk yang kita juak tersebut memiliki banyak saingan, berbagai macam strategi yang bisa kita lakukan seperti PPC, SEO ,media sosial dan masih banyak lagi. 

Dengan berbagai macam pilihan strategi promosi tersebut kita juga harus memilih media apa yang paling cocok untuk bisnis kita dan memilih yang paling minim biayanya agar keuntungan kita bisa lebih banyak. Salah satu cara berpromosi yang paling hemat adalah dengan menggunakan metode SEO. Tetapi SEO itu juga harus dipelajari agar kita bisa mengoptimalkan website kita di pencarian google. Sebenarnya banyak jasa yang menawarkan SEO tetapi berbayar tetapi alangkah bagusnya jika belajar sendiri agar kita bisa menghemat budget promosi kita dan ilmu SEO tersebut juga bisa dipakai di bisnis apapun.

Belajar teknik SEO adalah seperti belajar tentang persaingan menuju peringkat pertama dalam pencarian google, begitu banyak website yang harus kita kalahkan dalam pencarian google. Untuk itu perlu untuk mematai-matai saingan kita mengenai apa kata kunci yang dia pakai dan bagaimana strateginya dalam SEO. Untuk memata-matai atau memonitor saingan tentunya kita butuh tools, tool yang saya rekomendasikan untuk dicoba sebagai berikut.

1. Google Adwords Keyword Tool
 Google Adwords Keyword Tool adalah tool dari google untuk menelusuri kata kunci yang tertarget. Saya selalu menggunakan alat gratis dari Google ini dalam riset pasar untuk bisnis online. Tetapi bagi sebagian lain, mungkin ada yang belum tahu bagaimana mengintip kata kunci kompetitor dengan menggunakan alat ini.
Caranya mudah, ketikkan alamat url pesaing Anda di kolom “situs web” dan check jenis pencocokan [Persis], kemudian tekan tombol telusuri.

2. Alexa
Di samping memberikan ranking, Alexa juga memberikan laporan kata kunci yang memberikan lalu lintas tertinggi dari sebuah situs. Untuk melihat laporan dari Alexa, cukup buka halaman Site Info dan ketikkan alamat domain pesaing Anda. Nah pada tab, klik tab Search Analytics.

3. SemRush
Semrush mengizinkan anda untuk mengetikkan sebuah domain dan melihat 10 keywords terbaik dari situs itu. 10 frase yang memberikan lalu lintas tertinggi. Posisinya di hasil pencarian, dan beberapa informasi yang berguna buat kita. Tetapi sayang, jika Anda menggunakan SemRush untuk menganalisis blog berbahasa Indonesia. Ketepatannya tidak terlalu baik, karena mereka tidak menyediakan analisis untuk Google Indonesia. Tetapi jika anda memiliki blog berbahasa Inggris, Semrush sangat powerful dan bermanfaat.

Setelah mematai-matai dan memonitor saingan dengan menggunakan tools diatas langkah selanjutnya yaitu dengan  meniru saingan kita dan menambahkan teknik SEO yang lain. Ada banyak teknik SEO silahkan telusuri sendiri di google. Dengan mempelajari lebih dalam tentang SEO kita bisa menghemat ongkos ongkos promosi di google.
Semoga bermanfaat.
    

Tools SEO dalam Memonitor Saingan di Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

1 komentar:

Ang Ghufron mengatakan...

Kalo menurut saya, yang paling akurat diantara keyword tool diatas ya Keyword Tool milik Google hehe...