Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

05 July 2013

Bumi Memiliki Sifat Magnet



Jika kompas diberi gangguan sehimgga jarumnya berputar, selalu kamu peroleh bahwa ketika jarum kompas diam, jarum kompas selalu menunjuk kearah utara. Ini menunjukkan bahwa bumi memiliki sifat magnetic. Fakta menunjukkan bahwa bumi bertindak seakan-akan mempumyai sebuah magnet batang besar di dalamnya (walaupun magnet seperti ini tidak sungguh-sungguh ada karena inti bumi terlalu panas).
            Pada gambar di bawah ini. Jarum kompas selalu menunjuk kea rah utara, dan arah jarum kompas selalu searah dengan garis gaya magnetik. Supaya ini terjadi, garis gaya magnetik haruslah keluar dari kutub selatan geografi dan masuk kekutub luar geografi.
 

Garis gaya magnetik sebuah magnet selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Dapatlah di simpulkan bahwa Kutub utara dari magnet batang imajiner terdapat di kutub selatan  Geografi dan kutub selatan dari magnet batang imajiner terdapat di dekat kutub utara geografi. Sudut yang dibentuk antara arah utara-selatan geografi dengan arah utara-selatan kompas disebut sudut deklinasi.

Besar sudut deklinasi berbeda-beda sesuai dengan letak suatu tempat di permukaan bumi. Besar sudut deklinasi di suatu tempat juga berbeda dari tahun ke tahun.
 

Dengan mempelajari garis-garis gaya magnetik bumi secara seksama, diperoleh bahwa garis-garis gaya magnetik bumi tidaklah sejajar dengan permukaan bumi, tetapi membentuk kemiringan terhadap arah horizontal, dan memotong permukaan bumi pada sudut tertentu.

Sudut inklinasi diukur dengan menggunakan alat ukur yang disebut dengan lingkaran inklinasi. Pada prinsipnya alat ukur ini memiliki sebuah magnet jarum kecil yang bebas berputar hanya pada bidang vertical sudut inklinasi, yaitu sudut yang dibentuk oleh magnet jarum terhadap bidang mendatar dapat dibaca pada skala lingkaran. Di Inggris, sudut inklinasi kira-kira 65º. Sudut inklinasi terbesar di bumi terdapat di kedua kutub geografi, yaitu 90 º. Di Ekuador magnet bumi, sudut inklinasi adalah nol derajat sebab medan magnetik di daerah ini terletak secara horizontal

Bumi Memiliki Sifat Magnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: