Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

19 July 2013

Definisi Multimedia Komputer

Menurut Szuprowicz (1997) definisi paling sederhana teknologi multimedia adalah pengintegrasian teks, data, grafik, animasi, audio, dan elemen video ke dalam aplikasi tunggal.  Sejalan dengan pendapat di atas Oetomo (2002:109) mendefenisikan multimedia sebagai kombinasi teks, gambar, seni grafik, animasi, suara, dan video. Aneka media tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan kerja yang akan menghasilkan suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi yang sangat tinggi; artinya informasi bahkan tidak hanya dapat dilihat sebagai hasil cetakan, melainkan juga dapat didengar, membentuk simulasi dan animasi yang dapat membangkitkan selera dan memiliki nilai seni grafis yang tinggi dalam penyajiannya.
Multimedia komputer secara terminologi dengan membagi kata multimedia dalam dua kata, yaitu multi berarti lebih dari satu, dan media berarti suatu format alat komunikasi. Multimedia komputer berarti pengintegrasian sedikitnya dua media, media tersebut dapat meliputi teks, foto, grafis, suara, musik, animasi, ataupun video. Dengan perangkat multimedia yang merupakan kombinasi teknologi membuat komputer lebih efisien dan lebih mudah digunakan serta menyediakan berbagai macam kemampuan.
Berdasarkan defenisi di atas dapat disimpulkan yang dimaksud dengan teknologi komputer multimedia adalah pengintegrasian berbagai macam media dalam satu aplikasi yang dikontrol oleh komputer.

Sumber :
Szuprowicz, Bohdan. 1997. Multimedia Tools for Managers. New York: Amacom, America Management Association.
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan.  Yogyakarta: Andi.
Gerlach, Vernon S. & Ely, Donald P. Teaching and Media a Systematic Approach. Prentice-Hall, Inc, New Jersey, 1979

Definisi Multimedia Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: