Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

05 July 2013

Elektromagnetik Pada Relai



 

Relai adalah sebuah alat yang dengan listrik(arus)kecil dapat menghubungkan atau memutuskan arus listrik yang besar.jadi,relai bekerja sebagai sakelar pada rangkaian yang berarus listrik besar.relai magnetic yang ditunjukkan pada gambar di bawah dipakai untuk mengatur rangkaian yang menghubungkan sebuah baterai pada motor listrik.
            Motor listrik dihubungkan dan diputuskan dengan cara menutup dan membuka sakelar S.ketika S ditutup,arus listrik kecil mengalir melalui electromagnet.elektromagnet menarik jangkar besi lunak yang berbentuk L mendekatinya.pergerakan ini menyebabkan jangkar besi lunak yang berbentuk L yang mendekatinya.pergerakan ini menyebabkan jangkar besi lunak menekan kontak C yang kebawah keatas sehingga kontak C terhubung.denagn terhubungya kontak C,baterai terhubung kemotor listrik,dan arus mengalir ke dalam motor listrik.ketika sakelar S dibuka,arus listrik yang melalui elektro magnet terputus,kontak C terbuka dan motor berhenti berputar.
            Perhatikan bahwa ada dua rangkaian terpisah pada gambar tersebut dan kontak relai C terbuka. Dengan menutup sakelar S di rangkaian sebelah kiri, kontak C akan menutup dn menghubungkan rangkaian di sebelah kanan. Satu keuntungan dari system ini adalah saklar-saklar dan kabel-kabel penerangan yang hanya sesuai untuk arus-arus listrik kecil dapat dipakai untuk mengatur mesin-mesin listrik yang berarus besar, misalnya pada dinamo starter mobil.

Elektromagnetik Pada Relai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: