Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

05 July 2013

Kapasitor Mika




 

Jenis ini menggunakan mika sebagai bahan dielektriknya. Kapasitor mika mempunyai tingkat kestabilan yang bagus, karena temperature koefisiennya rendah. Karena frekuensi karakteristiknya sangat bagus, biasanya kapasitor ini digunakan untuk rangkaian resonansi, filter untuk frekuensi tinggi dan rangkaian yang menggunakan tegangan tinggi misalnya: radio pemancar yang menggunakan tabung transistor. Kapasitor mika tidak mempunyai nilai kapasitansi yang tinggi, dan harganya relatif mahal.

Kapasitor mika adalah komponen yang lahir sejak generasi pertama dan masih banyak dipakai sampai sekarang karena keandalannya tinggi disamping memiliki sifat yang stabil dan toleransinya rendah. Sesuai dengan namanya yaitu Kapasitor mika karena bahan dielektrikumnya terbuat dari Mika. Seperti terlihat dalam tabel dielektrikum di atas, bahan mika memiliki faktor konstanta dielektrikum yang tinggi, sehingga bahan ini tahan terhadap tegangan listrik yang tinggi. 


Pemakaian kapasitor mika pada umumnya dipakai dalam rangkaian yang berhubungan dengan frekuensi yang tinggi. Pemakaian Kapasitor Mika pada umumnya dipakai dalam rangkaian yang berhubungan dengan frekuensi yang tinggi, misalnya pesawat penerima radio dan pemancar. Besarnya kapasitas pada umumnya dibuat berkisar antara 50 sampai 10.000 pF.


Kapasitor Mika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: