Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

19 July 2013

Konsep Dasar Komputer

Komputer dapat diartikan sebagai seperangkat alat elektronika yang terdiri dari sistem input, pemrosesan, dan sistem output yang dapat mengolah informasi sesuai dengan yang diinginkan pemakainya. Komputer ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris (1792-1871). Komputer yang diciptakan oleh Babbage adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai kalkulasi dan penghitungan dengan suatu program  yang menggunakan kartu berlubang (Punch Card). Prinsip tersebut kemudian digunakan dalam perancangan komputer modern.
Perkembangan komputer modern dimulai sejak ditemukannya tabung hampa (1940), kemudian IBM menemukan rancangan komputer modern pertama yang diberi nama ENIAC Computer (Electronic Numerical Integrator and Computer) dan digunakan pada perang dunia ke-2. Ditemukannya transistor pada tahun 1950 semakin mempercepat perkembangan komputer, hingga akhir abad 20 mikroprosessor ditemukan.
Dalam teknologi komputer dikenal tiga komponen yang diimplementasikan sebagai komponen masukan, pemrosesan dan komponen keluaran, sebagai berikut:

  1. Hardware atau perangkat keras, menyediakan mekanisme fisik untuk masuk dan keluarnya  data, memanipulasi data, secara elektronik mengendalikan berbagai data masukan, keluaran, serta sebagai komponen penyimpan.
  2. Software atau perangkat lunak, terdiri dari sistem operasi dan program, menyediakan instruksi untuk hardware atau perangkat keras untuk mengeksekusi suatu instruksi.
  3. Data, yang dimaksud dengan data adalah sekumpulan instruksi yang akan diberikan ataupun disimpan dalam komputer. Data tersebut dapat berupa format yang akan dimanipulasi, atau format alphanumeric, atau format grafis, atau dalam format-format yang lain.
Hardware dan software mewakili seluruh perangkat-perangkat dalam sebuah komputer. Hardware atau perangkat keras adalah seluruh elemen baik yang eksternal (ditempatkan di luar) maupun internal (ditempatkan di dalam) yang digunakan oleh komputer. Sedangkan yang dimaksud dengan software atau perangkat lunak adalah suatu set perintah yang memberikan instruksi kepada perangkat keras dalam berinteraksi dengan pemakai.
Perangkat keras atau hardware terdiri dari: motherboard, processor, mouse, keyboard, monitor, card, CD-ROM, USB, speaker sound system, dan lain sebagainya. Sedangkan software dapat dibagi atas dua yaitu: sistem operasi dan program. Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer yang menjadi pusat pengontrolan seluruh program untuk menjalankan hardware, ketika komputer dinyalakan maka secara otomatis sistem operasi akan segera mengontrol seluruh perangkat keras maupun program untuk bersiap menjalankan instruksi sebagaimana yang diinginkan pemakai. Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Windows yang mencatat pemakaian 80% komputer di dunia.



Konsep Dasar Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: