Blog Informasi Apa Aja

10 Juli 2013

Material Bantu Instalasi Listrik

Berikut adalah material yang sering dipakai pada pemasangan instalasi listrik,



A. Klem (Sengkang)
            Klem atau sengkang digunakan untuk menjepit pipa instalasi yang dapat dipasang pada dinding maupun pada langit – langit. Sengkang dapat terbuat dari besi ataupun bahan PVC. Ukuran sengkang harus disesuaikan dangan ukuran pipa instalasi. Sengkang dipasang menggunakan sekrup atau paku (paku beton) dengan jarak antara satu dengan yang lainnya tidak lebih dari 1 meter untuk pemasangan pipa instalasi lurus memanjang. Adapun jarak sengkang dengan kotak sambung, saklar, stop kontak atau komponen listrik lainnya maksimum 10 cm. Untuk meninggikan pipa instalasi digunakan sengkang dengan pelana.
B. Lengkungan Siku (Elbow)
            Untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan pemasangan instalasilistrik, pabrik pipa juga menyediakan penyambung pipa yaitu lengkungan siku (elbow) untuk jalan pipa yang berbelok atau siku–siku. Penggunaan lengkungan siku lebih mudah daripada harus membengkokkan pipa. Bahan pembuatan lengkungan siku sama dengan pipa instalasi.
C. Sambungan Pipa  (sock)
            Pemasangan pipa instalasi tidak selamanya  menggunakan pipa instalasi yang utuh. Untuk menghemat bahan, seringkali digunakan penyambung pipa. Penyambungan pipa ini dapat dilakukan dengan memasang sambungan pipa (sock). Dengan menggunakan sambungan pipa maka pengerjaan akan lebih praktis.
            Bahan pembuatan sambungan pipa sama dengan bahan pembuatan  sengkang. Bahan tersebut adalah besi dan PVC. Pemasangan sambungan pipa harus sesuai dengan jenis pipa. Jika menggunakan pipa besi maka menggunakan penyambung pipa dari besi dan sebaliknya jika menggunakan pipa PVC maka menggunakan penyambung pipa dari PVC.
D. Sambungan Masuk (Tule)
            Pada bagian dalam dan ujung pipa tidak boleh ada bagian yang tajam. Oleh karena itu, agar ujung bebas pada pipa tidak tajam maka perlu dipasang selubung masuk (tule) , khususnya untuk pipa besi (baja).
            Selubung masuk yang dipasang  tergantung bahan pipa yang digunakan . Untuk pipa baja  tule yang digunakan adalah tule dari baja dan begitupun dengan pipa PVC tule yang digunakan adalah tule dari bahan plastic atau bahan PVC. 
E. Benang Instalasi
            Benang instalasi berfungsi sebagai alat pengikat  pada sambungan kabel yang suda dipilin (sambungan ekor babi). Penggunaan benang instalasi saat ini suda tidak popular lagi karena sudah digantikan dengan isolasi pita yang lebih praktis. Benang instalasi terbuat daru serat ataupun wol. Pemasangan benang instalasi harus hati – hati karina dapat berakibat patal. Kabel instalasi dipasang dengan cara membelitkan benang ke kabel yang suda dipilin terlebih dahulu.

F. Pita Isolasi
            Pita isolasi digunakan untuk mengisolasi sambungan kawat yang sudah dipilin terlebih dahulu. Setelah sambungan diisolasi denga pita isolasi maka akan ditutup dengan lasdop. Pemasangan pita isolasi harus dililit teratur sehingga tidak ada bagian yang Nampak. Pita isolasi terbuat dari bahan isolasi seperti plastic . Pita isolasi harus kuat, elastis, lengket dan tidak mudah robek. Isolasi pita ada yang bening ada pula yang berwarna.

G. Lasdop
            Lasdo berpungsi sebagai penutup sambungan. Agar  terhidar dari arus listrik maka sambungan perlu ditutup dengan menggunakan lasdop. Selain itu juga digunakan agar antara masing – masing sambungan tidak bersinggungan yang dapat membahayakan. Cara pemasangan lasdop yaitu sambungan yang telah dipilin  dan ditutup dengan benang instalasi atau pita isolasi barulah ditutup dengan lasdop. Bahan pembuatan lasdop yaitu PVC, plastic dan karet. 

H. Pipa Instalasi
            Untuk instalasi di dalam gedung diperlukan kabel yang dipasang di dalam pipa. Pipa instalasi digolongkan ke dalam  tiga bagian, yakni;
-          Pipa baja  dicat meni
-          Pipa PVC
-          Pipa fleksibel

Pipa instalasi harus kuat terhadap tekanan mekanis, tahan panas dan lembab dan tidak boleh menjalarkan nyala api. Permukaan lua dan dalam harus licin dan rata  dan dilindungi dari karat.
  1. Pipa baja dicat meni; Pipa baja pada umumnya dicat dengan meni baik permukaan dalam maupun permukaan luar. Keunggulan pipa baja yaitu kuat dan tahan terhadap nyala api. Kekurangan dari pipa baja yaitu dapat dialiri listrik sehingga sangat berbahaya jika terjadi kegagalan isolasi. Untup menutupi kekurangan ini maka pipa baja dicat dengan meni.
  2. Pipa PVC ; Pada pipa instalasi PVC memiliki sifat seperrti berikut: Daya isolasinya baik, Tahan terhadap hamper semua bahan kimia, Tidak menjalarkan nyala api, Mudah digunakan.      Kelemahan dari pipa PVC yaitu harus dilindungi dari tekanan mekanis .
  3. Pipa Fleksibel; Pipa pleksibel adalah pipa yang mudah diatur, pipa fleksibel digunakan pada benda dinamis seperti lampu belajar, selang kran mandi uap  dan lain-lain.

Material Bantu Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: