Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

23 July 2013

Pembelajaran Bahasa Indonesia



Pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa murid. Pembelajaran bahasa Indonesia menyangkut aspek kemampuan membaca, menulis, mendengar dan berbicara.
Pembelajaran bahasa Indonesia sangat penting diberikan kepada murid, karena bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting manusia yang memungkinkan ia unggul atas mahkluk-makhluk lain ciptaan Tuhan dimuka bumi. Bahasa memiliki peranan yang sangat penting sebagai alat komunikasi yang digunakan seseorang dalam pergaulannya atau hubungannya dengan orang lain, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat maupun lingkungan sekolah. Kemampuan berbahasa sangat menentukan perkembangan anak pada aspek-aspek lainnya, seperti perkembangan emosi, tingkah laku dan sosial. 

Depdiknas (2004:3) mengemukakan orientasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yaitu:
1)   Murid menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional dan bahasa negara)
2)  Murid memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan dan keadaan.
3)  Murid memiliki kemampuan menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional dan kematangan sosial.
4)      Murid memiliki disiplin dalam berpikir dan berusaha (berbicara dan menulis)
5)  Murid mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6)   Murid menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

Berdasarkan orientasi pembelajaran bahasa Indonesia di atas, jelas bahwa eksistensi mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan murid sekolah dasar dalam mengenal dan mempergunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat murid sekolah dasar merupakan awal pengenalan materi pelajaran bahasa Indonesia dalam lingkup pendidikan formal yang memungkinkan baginya dapat dibina secara dini dan optimal sebagai bekal dalam pengembangan berbahasa pada usia pertumbuhan selanjutnya.


Referensi :


Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kelas IV Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
 

Pembelajaran Bahasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: