Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

25 July 2013

Pembelajaran Konsep Keliling Persegi Panjang

Bentuk bangun datar sudah mulai dikenal sejak usia Pra SD, misalnya dengan tidak sadar pada saat bermain terkadang mereka mengatakan bentuk permainannya seperti lingkaran, segiempat dan bentuk-bentuk bangun datar lainnya. Tetapi setelah ditanyakan yang bagaimana lingkaran, anak tersebut kembali bingung sendiri. Sehingga pada usia Pra SD itu hanya sekedar mengenal tetapi belum mengetahui.  Tetapi pada usia siswa SD sudah mulai diperkenalkan  konsep-konsep bangun datar, misalnya persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga dan lain sebagainya.
Pengenalan konsep-konsep bangun datar tersebut terkadang juga hanya menggunakan gambar. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep dan selanjutnya akan membuat siswa akan mengalami kesulitan mengamati sifat-sifat dan menentukan kelilingnya. Untuk memudahkan siswa memahami konsep-konsep bangun datar tersebut pada penelitian ini penulis mencoba menggunakan pendekatan realistik, yaitu dengan menggunakan benda-benda nyata yang ada di sekitar untuk memperkenalkan konsep bangun datar.
Adapun pembelajaran bangun datar dalam penelitian kali ini adalah penanaman konsep dan penerapan rumus keliling persegi panjang. Dalam kegiatan pembelajarannya dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap kegiatan persiapan, tahap kegiatan utama dan tahap kegiatan pemantapan. Pada kegiatan persiapan yaitu guru mengecek kelengkapan alat peraga yang akan digunakan kemudian memperagakan dulu alat peraga tersebut. Kemudian pada kegiatan utama pada awal pembelajaran guru menanyakan pada siswa, misalnya guru memegang sebuah buku tulis, berbentuk apa buku yang ibu guru pegang? Pertanyaan ini diajukan  untuk mengetahui pemahaman awal siswa tentang  konsep persegi panjang, kemudian menanyakan kembali, selain buku ini benda apalagi yang ada di sekitar kamu yang berbentuk persegi panjang?. Berdasarkan jawaban-jawaban siswa guru sudah dapat mengetahui bagaimana pamahaman siswa tentang konsep bentuk persegi panjang. Kemudian guru dapat meminta siswa untuk menunjukan permukaan buku masing-masing. Selanjutnya setiap siswa dengan siswa di samping tempat duduknya saling menutupkan permukaan bukunya. Guru menanyakan bagaimana panjang dan lebar kedua buku tersebut. Kemungkinan jawaban yang akan diberikan anak  “sama”.  Dari gambaran dan pertanyaan-pertanyaan tersebut guru sudah bisa mengetahui bagaimana pemahaman anak terhadap konsep menentukan  keliling  persegi panjang.
Kegiatan selanjutnya guru menjelaskan konsep persegi panjang dengan menggunakan alat peraga papan berpaku. Dengan alat peraga ini guru memperlihatkan beberapa bentuk persegi dan persegi panjang yang berbeda-beda ukuran panjang dan lebarnya. Kemudian pada pembelajaran konsep keliling persegi panjang guru membagikan alat peraga persegi satuan yang terbuat dari kertas karton. Untuk menggunakan alat peraga ini guru membagikan kertas karton lainnya yang akan diukur kelilingnya. Dengan alat peraga ini siswa diajak membuat permainan sedemikian rupa sehingga siswa mendapatkan pemahaman tentang konsep menentukan keliling persegi panjang. Selanjutnya guru mengaplikasikan hasil  kegiatan siswa dalam bentuk rumus. Kemudian memberikan beberapa contoh soal dan cara penyelesaiannya di papan tulis. Setelah itu menunjuk beberapa siswa secara bergantian menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru.
Tahap ketiga, yaitu siswa diberi kesempatan untuk  memantapkan konsep dengan menyelesaikan soal-soal  keliling persegi panjang sesuai dengan konsep yang telah dipelajari.
Dari ketiga tahap pembelajaran di atas guru mengajak siswa memanfaatkan benda-benda sekitar untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian siswa juga tidak merasa terbeban dengan pelajaran karena dalam pembelajaran diselingi dengan kegiatan permainan yaitu pada saat menggunakan potongan kertas karton yang berwarna-warni.
Kegiatan di atas selain untuk mengembangkan kreativitas guru dalam merancang alat peraga, juga bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan sebelum pembelajaran berlangsung. Selain itu juga meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan benda-benda sekitar dalam kegiatan pembelajarannnya.

Pembelajaran Konsep Keliling Persegi Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: