Blog Informasi Apa Aja

20 Juli 2013

Tujuan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar



Mata pelajaran Sains di Sekolah Dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk membina dan menyiapkan peserta didik agar peserta didik tanggap dalam menghadapi lingkungannya. Selain membina dan menyiapkan peserta didik agar tanggap dalam menghadapi tantangan yang ada dilingkungannya, Abruscato, 1992 (Khairudin dan Soedjono, 2005: 15) mengemukakan bahwa pembelajaran Sains dikelas dapat : (1)mengembangkan kognitif siswa, (2) mengembangkan afektif siswa, (3) mengembangkan psikomotorik siswa, (4) mengembangkan kreativitas siswa, dan (5) melatih siswa berfikir kritis.
 
Menurut Carin, 1993 (Khaerudin dan Soedjono, 2005: 11) mengemukakan bahwa pada dasarnya tujuan Sains di sekolah adalah :
1.  Menambah keingintahuan (Curiosity)
Dasar pogram Sains akan menaruh perhatian pada keingintahuan murid tentang alam semesta dengan cara (a) mendorong siswa untuk menyelediki alam dengan teknologi, (b) mengembangkan kemampuan siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang alam semesta, (c) mengembangkan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi masalah pengadaptasian manusia. 
2.  Mengembangkan keterampilan meniginvestigasi (Skill For Investigation)
Dasar program Sains akan mengembangkan keterampilan menginvestigasi alam semesta, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Hal ini dapat : (a) memperkaya pemahaman siswa dan kemampuan menggunakan proses Sains, (b) awal pemahaman siswa dan kemampuan memecahkan masalah dan strategi membuat keputusan.
3.  Sains, Teknologi dan Masyarakat (Nature of Science, Technology and Society).
Dasar program Sains akan berusaha mengembangkan pemahaman siswa dan sikap tentang alam, keterbatasan, dan kemungkinan yang akan timbul dari Sains dan Teknologi.


Referensi :

Khaeruddin dan Sudjiono, E. H. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar

Tujuan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: