Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

27 August 2013

Bahan-Bahan Resistivitas Tinggi



Bahan-bahan resistivitas tinggi yang digunakan untuk peralatan yang memerlukan resistansi yang besar agar bila dialiri arus akan terjadi tegangan anjlok yang besar. Contoh penggunaan bahan-bahan resistivitas tinggi antara lain pada pemanas listrik, rheostat dan resistor.
Bahan-bahan ini harus mempunyai kceffisien suhu yang rendah. Untuk elemen pemanas, pada suhu yang tinggi untuk waktu yang lama tidak boleh terjadi oksidasi dan meleleh.  

Bahan-bahan yang resistivitasnya tinggi antara lain: konstantan, manganin, nikrom dan fehral yang komposisinya ditunjukkan pada Tabel Bahan Resistivitas Tinggi   .

Konstantan
Konstantan merupakan logam paduan dari tembaga dan nikel seperti ditunjukkan pada tabel diatas.
Hubungan antara resistivitas, koeffisien suhu (α) dan komposisi antara tembaga dan nikel terlihat bahwa resistivitas tertinggi adalah pada perbandingan 60 % Ni dengan 40 % Eu, tetapi koeffisien suhu terendah adalah 40 % Ni dengan 60 % Eu.
Sebagai bahan elemen resistansi tinggi, misalnya : rheostat, elemen pemanas dengan suhu kerja 400° hingga 500° C dibuat komposisi 60 % Ni dengan 40 % Eu yaitu Konstantan.
Bersama-sama dengan tembaga atau besi, konstantan dapat merupakan termokopel yang dapat membangkitkan emf ± 40 mikro volt setiap perbedaan suhu   1° C di antara sambungan-sambungannya.
Hal ini memungkinkan termokopel konstantan-tembaga atau konstantan-besi digunakan alat ukur.
Jika dipanasi dengan suhu yang cukup tinggi, pada konstantan akan terbentuk lapisan oksida tipis dan ini memungkinkan terjadinya isolasi jika dililitkan. Tegangan tembus untuk isolasi tersebut tidak lebih dari 1 Volt.


Kromel
Logam ini merupakan perpaduan 0,7 % Mn, 0,6 % Ni, 23 sampai 27 % Cr dengan 4,5 hingga 6,7 % Al, sisanya Fe.
Kromel baik untuk elemen pemanas air, setrika, pemanggang dan peralatan yang memerlukan ketahanan korosi dan panas.


Manganin
Warna logam ini kuning kemerah-merahan, komposisi manganin dapat dilihat pada tabel sebelumnya. Suhu kerjanya ± 70° C, di bawah suhu kerja konstantan. Logam ini biasanya digunakan untuk rheostat yang presisi karena resistivitasnya tinggi dan α nya rendah.


Nikrom
Nikrom mempunyai suhu kerja yang tinggi. Hal ini merupakan alasan digunakannya nikrom sebagai elemen pemanas.
Di pasaran nikrom dapat dijumpai dengan penampang bulat diameter 0,1 mm ke atas dan berbentuk pita dengan ukuran penampang 0,1 x 1 mm ke atas.

Bahan-Bahan Resistivitas Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: