Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

20 August 2013

Fungsi Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar



Fungsi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, minat yang baru dan pengaruh-pengaruh psikologis yang lain pada siswa. Media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa. Media berfungsi untuk mencapai tujuan dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak ataupun mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Secara umum kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut :
1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalisme (baik dalam bentuk kata-kata lisan maupun tertulis).
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti :
-           objek yang terlalu besar, bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai atau model.
-        objek yang terlalu kecil, bisa digantikan dengan proyektor mikro, gambar, atau film bingkai.
-       Gerak yang terlalu lambat atau cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau highspeed photography.
-          Kejadian atau peristiwa yang terdapat dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, foto maupun secara verbal.
-      Objek terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain.
-          Konsep terlalu luas (gunung berapi, magma, gempa bumi, iklim, dll) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain.
3.      Menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk :
-           Menimbulkan kegairahan belajar.
-           Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan.
-            Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
4.    Adanya sifat unik yang terdapat pada setiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilaman semuanya harus diatasi sendiri. Apalagi latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan solusi dari penguunaan media pembelajaran yaitu :
-               Memberikan perangsang yang sama.
-               Mempersamakan pengalaman.
-               Menimbulkan persepsi yang sama.

Penggunaan media pembelajaran yaitu : (1) Penyampaian materi dapat diseragamkan, melalui bantuan media, penjelasan yang  beragam ini dapat direduksi dan disampaikan kepada siswa secara seragam; (2) Pengajaran yang lebih menarik, media yang disusun dengan bantuan perangkat elektronik dapat menyampaikan informasi yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual); (3) Pembelajaran menjadi lebih interaktif. Media yang dirancang dan dipilih dengan tepat, dapat membantu guru dan siswa melakukan komunikasi dua arah secara aktif; (4) lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat, karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah banyak dan kemungkinannya lebih dapat diserap oleh siswa; (5) Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan. Siswa yang hanya mendengarkan pelajaran saja mungkin sudah dapat menerima dan memahami materi pelajarannya dengan baik, tetapi bila pemahaman itu diperkaya dengan kegiatan melihat, mendengar dengan suara, menyentuh dan merasakan, atau mengalami langsung melalui media pembelajaran, pemahaman mereka terhadap isi pelajaran pasti akan lebih baik lagi; (6) proses belajar dapat terjadi di mana saja dan kapan saja mereka mau, tanpa tergantung pada keberadaan seorang guru; (7) sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan; (8) peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif. Guru tidak perlu mengulang-ulang penjelasan kepada para siswanya karena mengunakan media. Guru dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses belajar mengajar, misalnya membangkitkan motivasi siswa.
Secara umum, fungsi media pembelajaran yang bersifat multimedia dalam proses belajar mengajar adalah memperlancar proses interaksi antara guru dan siswa dan hal ini pada gilirannya akan mmbantu siswa belajar secara optimal. Untuk itu dalam proses belajar mengajar agar efektif, efisien dan berkualitas, idealnya perlu memperhatikan media pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran juga memiliki nilai praktis dan kegunaan yang amat besar dalam proses belajar mengajar.

           Semoga Bermanfaat .
           faizalnizbah.blogspot.com



Fungsi Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: