Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

19 August 2013

Komponen Instalasi Listrik



Adapun  komponen-komponen instalasi listrik antara lain :


a.    Perangkat hubung bagi (PHB) adalah salah suatu perlengkapan instalasi listrik yang dilengkapi alat-alat pengaman sesuai persyaratan yang telah di tentukan. Alat ini harus terbuat dari bahan yang tidak dapat terbakar, tahan lembab, dan kukuh. Perangkat hubung bagi juga berlaku sebagai alat pembagi atau alat mencabangkan arus listrik ke semua arah pemakai dan sebagai pembatas pemakai tenaga listrik.
b.    Pengaman adalah alat yang bekerja secara otomatis dengan cara memutuskan arus pada rangkaian jika terjadi gangguan pada rangkaian instalasi listrik, misalnya, Miniature Circuit Breaker (MCB), Sakering dan lain sebagainya.
c.  Sakelar adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik dari sumber tegangan menuju beban. Sakelar menurut fungsinya dapat dikelompokkan sebagai berikut : Sakelar tunggal : berfungsi melayani satu buah mata lampu atau satu kelompok mata lampu, sakelar seri : berfungsi melayani dua buah mata lampu atau dua kelompok mata lampu, sakelar Tukar : adalah suatu sakelar yang difungsikan untuk memutuskan dan menghubungkan mata lampu atau kelompok mata lampu dari dua tempat yang berbeda, dan lain-lain.
d.      Penghantar adalah suatu benda logam atau bukan logam yang bersifat menyalurkan arus listrik. Misalnya perak, tembaga, aluminium, besi, timah, dan lain-lain. Bukan logam seperti air, asam sulfat, asam klorida, dan larutan elektrolit lainnya.
e.       Perlengkapan lainnya, antara lain : fitting (alat yang digunakan untuk memasang bola lampu), lampu (alat penerangan), kotak kontak biasa atau KKB (komponen yang berfungsi sebagai tempat/terminal untuk menghubungkan arus atau tegangan dengan beban listrik),  pipa PVC (berfungsi untuk melindungi kabel penghantar dari berbagai macam gangguan binatang yang dapat merusak atau memutus kabel, klem (berfungsi untuk merapikan pipa dan berfungsi mengunci posisi pipa agar tidak bergeser), kotak sambung (tempat untuk menyambung kabel pada instalasi listrik), lasdop (alat untuk melindungi sambungan kabel pada kotak sambung), rol isolator dan lain sebagainya..
            Dalam pemasangan instalasi listrik diperlukan berbagai macam peralatan kerja listrik. Adapun peralatan kerja listrik yang umum digunakan dalam pemasangan instalasi listrik, antara lain :
-          Tang adalah alat yang berfungsi untuk mengupas kabel, memotong kabel, dan menyambung kabel. Tang ada beberapa macam, antara lain : tang kombinasi, tang lancip, tang potong, dan lain-lain.
-          Obeng adalah alat yang digunakan untuk memutar sekrup. Obeng ada beberapa jenis yaitu obeng minus (-), obeng plus (+), obeng test (berfungsi untuk mengetes tegangan).
-          Gergaji adalah alat yang digunakan untuk memotong pipa PVC.
-          Isolasi, digunakan untuk membungkus sambungan kabel, dan lain-lain.
-         Palu, adalah suatu alat kerja praktek yang digunakan untuk memasukkan paku pada papan atau tembok.

Komponen Instalasi Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: