Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

22 August 2013

Komputer Sebagai Media Pembelajaran



a). Konsep media pembelajaran berbasis komputer
            Penelitian yang dilakukan oleh Rice dan Wilson yang dikutip oleh Salma & Siregar (2004) melaporkan bahwa komputer dapat secara efektif digunakan untuk mengembangkan Higher-order thinking skill yang terdiri dari kemampuan mendefinisikan masalah, menilai suatu informasi, memecahkan masalah, dan menarik kesimpulan relevan. Komputer dalam hal ini akan berperan memberikan layanan dalam proses mengumpulkan dan mengkompilasi informasi, pemeriksaan, dan kolaborasi.
            Komputer memiliki fungsi yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sebagai media pembelajaran. Komputer dijadikan sebagai media pembelajaran karena beberapa alasan yaitu; pengalaman, motivasi, meningkatkan pembelajaran, materi yang otentik, interaksi yang lebih luas, lebih pribadi, tidak terpaku pada satu sumber, dan pemahaman global.           
            Pembelajaran dengan media komputer akan memberikan kesempatan kepada pembelajar untuk belajar secara dinamis, interaktif dan perorangan. Pembelajar tidak hanya menjadi pembelajar yang fasif melainkan juga menjadi penentu pembelajaran bagi dirinya sendiri. Pembelajaran dengan komputer akan membangkitkan motivasi yang tinggi karena komputer selalu identik dengan kesenagan, permainan dan kreativitas. Terlebih lagi dengan terhubungnya komputer dengan jaringan internet membantu pembelajar dalam mendapatkan pengalaman yang lebih luas.
b). Fasilitas komputer
            Membahas mengenai fasilitas komputer maka cakupannya tak lain adalah pembahasan tentang perangkat-perangkat komputer. Karena yang membangun komputer sehingga dapat berfungsi sebagai fasilitate (memberi kemudahan) adalah perangkat-perangkat yang dimiliki oleh komputer itu sendiri. Perangkat-perangkat komputer tersebut yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
1) Perangkat keras (Hardware)
            Hardware adalah peralatan komputer yang dapat dilihat atau diraba, atau dengan kata lain hardware mewakili seluruh perangkat keras komputer, baik yang eksternal (di tempatkan di luar) maupun internal (di tempatkan di dalam) yang digunakan oleh komputer. Bagian hardware menyediakan mekanisme fisik untuk masuk dan keluarnya data, secara elektronik menyediakan berbagai data masukan, keluaran serta sebagai komponen penyimpan. Hardware meliputi keyboard, microprocessor, video display, cren, monitor, card, CD-ROM, mother board, mouse, floppy disk, speaker sound system, dan lain sebagainya.
            Secara garis besar hardware dibagi dalam dua bagian yaitu central processing unit (CPU) dan input out put divice meliputi alat-alat seperti monitor, printer, keyboard, scenner, mouse dan lain-lain.
2) Perangkat lunak (Software)
            Perangkat lunak (software) merupakan suatu komponen yang terdapat dalam sistem operasi data dan program atau instruksi-instruksi untuk kerja perangkat keras atau hardware untuk mengolah suatu instruksi. Software merupakan serangkaian petunjuk khusus untuk memberitahukan kepada komputer bagaimana melaksanakan sebuah tugas. Software ditempatkan dalam sebuah wadah komputer memori dalam suatu proses disebut loading dari satu atau lain jenis  medium software seperti cartridge, disk, flash disk  dan lain-lain.
            Perangkat lunak komputer dapat dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a)      Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaiu program ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dan sistim operasi.
b)      Perangkat lunak bahasa (language software) yatu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemprograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.
c)      Perangkat lunak aplikasi (aplication software), yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.
c). Aplikasi Program media pembelajaran
            Program yang akan digunakan dalam membuat media pembelajaran ini yakni Microsoft PowerPoint yang merupakan program unggulan dalam pembuatan slide presentasi. Program ini menyediakan banyak fasilitas yang memberikan kemudahan sesuai dengan kebutuhan presentasi. Di samping itu perancangan slide yang sangat praktis dengan berbagai bentuk format dan desain, sehingga hasil slide presentasi lebih menark dan profesional.
           Presentasi dengan PowerPoint memang mengasyikkan, selain tampilannya bagus, untuk membuatnya mudah dan cepat sekali. Presentasi konvensional dengan transparan mulai ditinggalkan, karena memang memerlukan waktu dan tampilan kurang menarik, demikian pula efek animasi tidak berlaku pada transparan. Pada saat ini fasilitas modern sangat mendukung dalam menampilkan presentasi yang dibuat dengan slide, seperti Laser Kompact Disk (LCD). Itulah sebuah alasan kenapa PowerPoint sangat digemari oleh kalangan dosen, presentater dan lain-lain.

Referensi :

Salma & Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
 

Komputer Sebagai Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: