Blog Informasi Apa Aja

19 Agustus 2013

Macromedia Flash Untuk Animasi



Macromedia flash adalah sebuah program software yang berfungsi untuk membuat animasi dua dimensi yang sangat handal dibandingkan dengan program lain. Kehandalannya ialah ukuran file hasil animasi yang kecil. macromedia flash tidak hanya digunakan untuk membuat animasi melainkan juga digunakan membuat menu interaktif, dan membuat presentasi software.
Pengertian dari animasi adalah gerakan suatu objek yang disusun sedemikian rupa sehingga menarik perhatian orang yang melihatnya. Pada macromedia flash memberikan kemudahan untuk membuat gerakan-gerakan objek yang menyerupai video klip yang dapat dirangkai dengan suara.
Animasi yang dapat dibuat pada macromedia flash dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain :
a.    Animasi frame by frame,  adalah animasi yang dibuat hanya dengan menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar-layer. Lama tidaknya sebuah animasi dijalankan sangat bergantung dari jumlah frame.
b.   Animasi motion tween, merupakan bentuk animasi yang paling mendasar pada macromedia flash 8. Animasi ini digunakan untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lain.
c.  Animasi shape tween, animasi perubahan bentuk. Dalam pembuatan animasi ini dibutuhkan blank keyframe yaitu sebuah frame kosong yang akan digunakan untuk menambahkan bentuk objek yang berbeda pada keyframe sebelumnya.
Pada program Macromedi Flash  dikenal istilah symbol. Symbol adalah objek yang nantinya akan dijadikan sebuah animasi. Agar sebuah objek dapat dianimasikan, maka objek tersebut harus dijadikan sebuah simbol dengan perintah convert to symbol. Ketiga tipe simbol tersebut yaitu (1) Graphic, digunakan untuk gambar statis dan untuk membuat potongan-potongan animasi yang terangkum pada timeline. Kontrol interaksi dan suara tidak dapat bekerja di dalam animasi simbol graphic. (2) Button, digunakan untuk membuat tombol interaksi di dalam yang mampu merespon aksi mouse. (3) Movie clip, digunakan untuk membuat bagian animasi. movie clip mempunyai timeline dengan multiframe sendiri. movie clip dapat berisi kontrol interaktif, suara, maupun movie clip lainnya.
Berikut ini adalah tampilan menu utama dari macromedia flash.


Di bawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Macromedia Flash  :
a.   Timeline, digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie Anda.
b.   Stage, merupakan tempat dimana Anda bekerja dalam membuat sebuah animasi
c.   Tools box, berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek pada stage.

Keterangan:
-          Selection Tool; digunakan untuk memilih, memindah, dan mengubah bentuk suatu objek.
-          Subselection Tool; digunakan untuk memindah dan mengubah bentuk objek dengan lebih detail.
-          Line Tool digunakan untuk membuat garis.
-          Lasso Tool digunakan untuk membuat seleksi atau pilihan dengan mengambil bentuk seleksi sesuai keinginan.
-          Peen Tool digunakan untuk membuat garis dan menggambar kurva.
-          Text Tool digunakan untuk menuliskan teks.
-          Oval Tool digunakan untuk membuat lingkaran dan elips.
-          Rectanguler Tool digunakan untuk membuat kotak.
-          Pensil Tool digunakan untuk membuat gambar seperti dengan menggunakan pensil biasa.
-          Brush Tool digunakan untuk menggambar bentuk bebas dengan berbagai pilihan bentuk dan ukuran.
-          Free Transform Tool digunakan untuk memilih, memindahkan, dan memanipulasi objek (mengubah bentuk dan ukuran).
-          Fill Transform tool digunakan untuk memanipulasi warna Fill pada objek yang terpilih.
-          Bottle Ink Tool digunakan untuk membuat atau mengganti warna stroke suatu objek.
-          Paint Bucket Tool digunakan untuk memberi atau mengubah warna suatu objek.
-          Eraser Tool digunakan untuk menghapus bagian objek tertentu pada stage.
-          Eyedroper Tool digunakan untuk mengambil sample warna tertentu.

d.  Actions frame, merupakan window yang digunakan untuk menuliskan action script pada Macromedia Flash. Biasanya action script digunakan untuk mengendalikan objek yang dibuat sesuai dengan keinginan. Action script adalah bahasa skrip yang digunakan untuk mengontrol movie dan objek-objeknya. Action script merupakan bahasa pemrograman yang terintegrasi di dalam program Macromedia Flash. Penulisan skrip di dalam action script berorientasikan pada objek, dan setiap informasi akan di kelola ke dalam group yang disebut class. Dari satu class dapat dibuat lebih dari satu instance (objek movie) yang dapat digunakan di dalam skrip. Manfaat yang dapat diberikan dengan penggunaan action script dalam penciptaan animasi komputer adalah sebagai berikut: (1) melakukan proses otomatisasi terhadap objek-objek animasi, (2) menciptakan animasi interaktif, (3) menciptakan rutin yang pendek terhadap interaksi objek animasi yang panjang, (4) memecah animasi yang kompleks ke dalam pecahan-pecahan animasi yang modular, (5) mengurangi besarnya kapasitas file dengan melakukan perampingan pada saat pengambilan objek animasi.
 Sekedar Informasi :

Macromedia Flash telah mengalami perkembangan pesat setelah perusahaan di akuisi oleh Adobe sehingga namanya sekarang sudah berubah menjadi Adobe Flash CS6. Tool yang dimiliki lebih canggih dari macromedia flash serta sangat cocok untuk windows 7 & 8. Bagi  ingin mendalami pembuatan animasi disarankan untuk migrasi ke Adobe Flash CS6.

 

Macromedia Flash Untuk Animasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: