Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

20 August 2013

Media Pembelajaran Sebagai Solusi Atas Hambatan Komunikasi

Faktor yang menjadi hambatan proses komunikasi, yaitu :
 
1. Hambatan Psikologis, yaitu minat, sikap, pendapat, kepercayaan, intelegensi, dan pengetahuan. Siswa yang senang terhadap mata pelajaran, topik serta gurunya tentu berbeda hasil belajarnya dibandingkan siswa yang tidak respek terhadap mata pelajaran tersebut.
2.   Hambatan Fisik, yakni seperti: kelelahan, sakit, keterbatasan daya indera dan cacat tubuh. Oleh karenanya jangan terlalu banyak mengharap dari siswa yang sedang sakit, karena pesan-pesan yang diberikan akan terhambat.
3.   Hambatan Kultur, yakni seperti perbedaan adat istiadat, norma-norma sosial, kepercayaan dan nilai-nilai panutan. Perbedaan-perbedaan tersebut seringkali memunculkan kesalahpahaman.
4.   Hambatan Lingkungan, yakni hambatan yang ditimbulkan oleh situasi dan kondisi keadaan sekitar. Proses belajar mengajar di tempat yang tenang, sejuk dan nyaman tentu akan memberikan hasil yang berbeda dibandingkan dengan proses yang dilakukan di kelas yang bising, panas dan berjubel.

Oleh karena adanya berbagai jenis hambatan tersebut baik dari dalam diri guru maupun siswas, baik sewaktu meng-code (proses penuangan pesan kedalam simbol-simbol komunikasi). Pesan maupun men-decode-nya (proses penafsiran simbol-simbol komunikasi yang mengandung pesan-pesan), proses komunikasi belajar mengajar sering berlangsung tidak efektif dan efisien. Media pembelajaran dalam hal ini diharapkan menjadi salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan, sehingga dapat membantu mengatasi hal tersebut. Perbedaan gaya belajar, minat, intelegensi, keterbatasan daya indera, cacat tubuh, atau hambatan jarak, waktu dan geografis dapat dibantu diatasi dengan pemanfaatan media pendidikan (pembelajaran) terutama yang bersifat mulitmedia.


Media Pembelajaran Sebagai Solusi Atas Hambatan Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: