Blog Informasi Apa Aja

15 Agustus 2013

Model Cooperative Learning


1.      Pengertian model cooperative learning
Model cooperative learning adalah model pembelajaran yang sistematis dengan mengelompokkan murid untuk menciptakan pembelajaran efektif dan mengintegrasikan keterampilan sosial yang bermuatan akademik (Rianto,2002). Model cooperative learning adalah proses pembelajaran yang kegiatan intinya adalah belajar bersama dalam satu kelompok kecil. Esensi model cooperative learning ini terletak pada tanggung jawab individu sekaligus kelompok, sehingga dalam diri setiap individu murid tumbuh dan berkembang sikap saling ketegantungan ketimbang saling kompetisi.
Model cooperative learning identik dengan collaborative learning yang dikemukakan keampuhannya oleh Flynn. Pembelajaran ini menekankan pentingnya kooperatif dari pada kompetisi dan saling ketergantungan dari pada kemandirian .
Proses pembelajaran cooperative learning pada dasarnya dilakukan dengan diskusi kelompok yang memiliki tiga tahap yaitu tahap kooperatif, tahap ahli, dan tahap tiga atau lima serangkai. Setiap anggota kelompok dalam tiap tahapan tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Tahap kooperatif, murid di bagi dalam kelompok kecil tiga sampai lima orang diberikan sejumlah wacana/ tugas yang berisi informasi kepada setiap kelompok yang mendapat tugas yang sama membuat kelompok baru. Kelompok tersebut di tugaskan memahami wacana tentang informasi yang di peroleh pada tahap kooperatif  dengan bekerja bersama untuk menjadi ahli dalam bidang informasi/ wacana yang menjadi tugasnya. Setelah memahami tugasnya lalu diberi tugas membuat rencana bagaimana mengajar atau menyampaikannya pemahamannya kepada anggota kelompok kooperatif, sedangkan pada tahap tiga atau lima serangkai, murid kembali bergabung dengan anggota kelompok kooperatif dan mereka bergiliran mengajar atau menyampaikan informasi dan isi pesan yang telah dipahami kepada anggota kelompok yang lain. Setelah itu dilanjutkan diskusi kelas guna melakukan pemantapan.
2.      Tujuan dan Manfaat Cooperative learning
Model cooperative learning berorientasi pada murid yang bertujuan mempersiapkan murid sebagai ahli informasi yang mampu mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikinya kepada teman pada anggota kelompok lainnya. Disamping itu, model cooperative learning bertujuan memupuk jiwa dan semangat kerja sama dalam kelompok untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan (Asnaeni, 2004:9). Adapun manfaat model cooperative learning adalah meningkatkan kemampuan bekerja sama dan bersosialisasi, melatih kepekan diri, simpati pada variasi perbedaan sikap/ tingkah laku selama bekerja, mengurangi rasa kecemasan dan menimbulkan rasa percaya diri, meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar, meningkatkan sikap/ tingkah laku yang positif, dan meningkatkan prestasi belajar. 

Referensi :


Rianto, M. 2002. Model dan Model Pembelajaran. Malang: Depdiknas
Asnaeni. 2004. Pengaruh Model  Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS SDN. 62 Kota Parepare (Skripsi). Makassar, FIP UNM
 

Model Cooperative Learning Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: