Blog Informasi Apa Aja

20 Agustus 2013

Model Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Terdapat berbagai jenis aplikasi teknologi berbasis komputer untuk mnyajikan informasi kepada siswa, penggunaan  komputer dalam pembelajaran bukanlah hal yang baru, komputer berperan sebagai manajer dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan nama Computer Manged Instruction  (CMI), Model pembelajaran tersebut merupakan model pengembangan yang telah ada sebelumnya.
Komputer yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dibagi dalam beberapa model sebagai berikut :
-       Model Tutorial
Program pembelajaran tutorial dengan bantuan komputer meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau tentor. Penyajian informasi atau pesan disajikan melalui layar komputer, baik berupa tulisan, gambar. Grafik dan soal-soal yang sesuai.
-               Model Drills and Practice
Latihan diperlukan untuk mengukur tingkat pemahaman sekaligus mempermahir keterampilan siswa. Program Drills and Practice menuntun siswa dengan serangkaian contoh untuk menguatkan kemahiran menggunakan keterampilan. Komputer akan memberi latihan sampai suatu konsep benar-benar dikuasai sebelum pindah ke pembahasan konsep lainnya. Sebagian besar program ini merekam hasil jawaban siswa yang kemudian
-       Model Problem Solving
Model program ini tingkat kedalamannya jauh lebih tinggi daripada model program Drills and Practice.  Program pemecahan permasalahan yang diberikan dapat berupa studi kasus dan strategi dalam memecahkan kasus tersebut.
-               Simulasi
Simulasi pada komputer dapat memberikan kesempatan untuk belajar secara dinamis, interaktif, dan perorangan. Simulasi dalam pembelajaran komputer merupakan suatu rekayasa terhadap alat atau media agar menyerupai objek atau kejadian yang sebenarnya di dunia nyata. Misalnya proses perakitan komputer dapat ditunjukan melalui rekaman gambar mealui perangkat lunak yang di gunakan.
-               Model Game (Permainan)
Program permainan yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan rasa senang dan memotivasi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Bentuk permainan dalam komputer dapat menyajikan aksi-aksi permainan teks, suara, gmbar maupun penggabungan dari ketiganya. Siswa dapat dilatih untuk terampil mengetik karena dalam permainan yang disediakan siswa dituntut untuk menginput data dengan mengetik jawaban atau perintah dengan benar.

Model Media Pembelajaran Berbasis Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: