Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

23 August 2013

Model-Model Media Pembelajaran Berbasis Komputer



Penggunaan komputer dalam pembelajaran bukanlah hal baru, program CAI (computer assisted instruction) atau ICAI (Intelectual computer assisted instruction) ataupun CMI (computer management instruction) adalah beberapa model pembelajaran berbasis komputer yang telah lama dikenal. Konsep CAI, ICAI ataupun CMI dapat mengadopsi teori-teori pembelajaran yang telah ada sebelumnya.
Berikut ini merupakan beberapa model CAI (computer assisted learning) yang banyak digunakan dalam pembuatan program pembelajaran berbasis komputer:     
a)    Tutorial. Program pembelajaran tutorial meniru sistem tutor yang dilakukan oleh guru atau tentor. Informasi atau pesan berupa suatu konsep disajikan dilayar komputer dengan teks, grafik atau gambar, dan audio. Pada saat yang tepat siswa diperkirakan telah membaca dan menginterpretasi  dan menyerap konsep tersebut. Secara teknis konsep pembelajaran tutor sebagai berikut: suatu pertanyaan atau soal diajukan, jika jawaban siswa benar, komputer akan melanjutkan penyajian informasi atau konsep selanjutnya, dan jika jawaban salah komputer dapat kembali ke informasi konsep sebelumnya atau pindah kesalah satu dari beberapa penyajian informasi konsep remedial ditentukan oleh jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa. 
b)    Drill and practice. Konsep drill and practice komputer menyiapkan serangkaian soal atau pertanyaan yang serupa dalam buku atau lembar kerja. Program drill and practice  menuntun pelajar dengan serangkaian contoh untuk menguatkan kemahiran menggunakan keterampilan, komputer dengan sabar memberi latihan sampai suatu konsep benar-benar dikuasai sebelum membahas konsep  yang lainnya. Program drill and practice efektif digunakan dalam pembelajaran yang memerlukan pengulangan untuk mengembangkan keterampilan atau mengingat dan menghafal fakta dan informasi.
c)  Simulasi. Simulasi pada komputer membentuk kesempatan untuk belajar secara dinamis, interaktif, dan individual. Simulasi adalah suatu rekayasa terhadap alat atau media agar menyerupai objek atau kejadian yang sebenarnya.
d)   Penemuan (discovery). Program pembelajaran penemuan menyediakan suatu database informasi yang besar tentang suatu hal dan memberikan tantangan bagi pembelajar untuk melakukan analisa, membandingkan, menyimpulkan dan mengevaluasi berdasarkan pada eksplorasi mereka terhadap data dan fakta yang digambarkan.
e)    Pemecahan masalah (problem solving).  Program pemecahan masalah mengajarakan keterampilan dan strategi dalam memecahkan masalah menyangkut suatu kasus.
f)  Permainan instruksional. Program permainan yang dirancang dengan baik dapat memotivasi pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Permainan instruksional berusaha menggabungkan aksi-aksi permainan video dan animasi ke dalam bentuk program pengajaran. Sebuah pengamatan terhadap perilaku penggemar games atau permainan komputer menghasilkan kesimpulan bahwa bermain games sangat mengasyikkan dan dapat membuat orang larut dalam karakter yang dimainkannya, berdasarkan hal tersebut maka dapat dibuat suatu program pembelajaran yang mengaplikasikan bentuk game atau permainan komputer.

Model-Model Media Pembelajaran Berbasis Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: