Blog Informasi Apa Aja

27 Agustus 2013

Sikat Karbon



Peranan karbon pada teknik listrik cukup penting jika dilihat kegunaannya sebagai berikut : sikat-sikat pada mesin listrik, resistor dan rheostat, elektroda pada tungku pembakaran (tanur) busur kolam galvanis.
Beberapa perangkat elektronik dan telekomunikasi juga terbuat dari karbon. Untuk penggunaan karbon sebagai sikat pada mesin listrik, fungsinya adalah sebagai jembatan yang harus dilalui arus.
Untuk itu ukuran sikat mesin-mesin listrik tergantung besarnya kapasitas mesin. Rapat arus untuk karbon sebagai sikat pada mesin-mesin listrik juga perlu diperhitungkan sesuai dengan daya mesin. Selain faktor kekerasan, koeffisien kontak juga perlu diperhatikan. Beberapa jenis yang digunakan sebagai sikat adalah :  karbon-grafit, grafit, elektro-grafit, grafit-tembaga dan grafit-kuningan. Grafit-tembaga dan grafit-kuningan paling banyak digunakan karena resistivitasnya rendah, tegangan anjlok pada persinggungan antara sikat dengan komutator atau cincin seret adalah rendah.
Pada tungku pembakaran busur, elektroda yang digunakan di antaranya adalah grafit dan karbon. Pertimbangan penggunaan karbon atau grafit adalah karena : tidak lumer, menghantarkan listrik, sifat tidak larut, kemurnian kimianya, kekuatan mekanis dan tahan terhadap kejutan termal.
Secara kimia, karbon dan grafit adalah sama, tetapi secara fisis dan elektris banyak perbedaannya.
Karbon adalah berongga sedangkan grafit tidak. Grafit diperoleh dengan cara memanasi karbon pada temperatur yang tinggi. Resistivitas grafit adalah 0,25 resistivitas karbon sehingga Kemampuan Hantar Arus (KHA) grafit adalah lebih besar daripada karbon. Untuk itu tungku pembakaran yang besar yaitu 3 MVA ke atas, ddak menggunakan karbon tetapi grafit sebagai elektroda.
Sikat Karbon
Sebagai sikat pada bagian berputar pada mesin listrik, karbon mempunyai kelebihan karena :
a. Tahan terhadap efek yang disebabkan suhu tinggi. Hal ini karena sikat karbon mampu menahan suhu hingga 3000° C.
b. Kepadatannya rendah. Karbon lebih ringan dibanding logam pada umumnya (keeuali magnesium). Hal ini memudahkan adaptasi dengan gerakan permukaan yang tidak beraturan.
c. Tidak terjadi pengelasan (menyatu) dengan logam pada kondisi yang sama jika logam-logam menyatu satu sama lain, misalnya karena panas.
Untuk kebutuhan sikat-sikat komutator atau slip-ring pada mesin listrik bubuk karbon dicampur dengan bubuk konduktor antara lain : tembaga, perunggu. Berdasarkan tingkatannya, sikat karbon dibedakan seperti ditunjukkan pada Tabel.
Tabel Sikat Karbon

Sikat Karbon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: