Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

13 August 2013

Struktur Akar dan Fungsinya



a.    Struktur Akar
Akar pada umumnya terletak di dalam tanah. Warna akar tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan. Bentuk akar sebagian besar meruncing pada ujungnya. Bentuk yang runcing memudahkan akar menembus tanah.
Akar terdiri dari beberapa bagian, di antaranya rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Rambut akar merupakan jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan. Tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah.
Ada dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hampir sama besar. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut juga bercabang-cabang. Akan tetapi, ukuran percabangannya tidak terlalu berbeda. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping satu (monokotil), misalnya jagung, padi, tebu,dll.
Akar tunggang memiliki akar pokok. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian akar yang lebih kecil. Perbedaan ukuran antara akar pokok dan akar cabang sangat beda.
b.   Fungsi akar pada tumbuhan
Fungsi akar yaitu:
1.    Akar berguna untuk meyerap air dan zat hara dari dalam tanah.
2.    Akar berguna sebagai alat pernapasan tumbuhan karena pada permukaan akar terdapat pori-pori, melalui pori-pori tersebut, udara di dalam tanah terserap ke dalam tumbuhan.
3.    Akar berguna untuk memperkokoh tumbuhan.

Struktur Akar dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: