Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

19 August 2013

Teori-Teori Pembelajaran Berbasis Komputer


Teori-teori pembelajaran dan implikasinya dalam pengembangan desain pembelajaran berbasis komputer sebagai berikut :
a.       Teori Pembelajaran Gagne didasarkan pada sembilan hierarki keterampilan intelektual  yang disusun berdasarkan tingkat kompleksitasnya. desain instruksional pembelajaran berbasis komputer harus mengidentifikasi prasyarat yang dibutuhkan untuk memudahkan proses pembelajaran terjadi pada setiap tingkatan.
b.      Teori Konstruktivis Bandura mendefenisikan proses belajar sebagai sebuah proses aktif dimana pembelajar membangun gagasan-gagasan baru berdasarkan pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Sehingga dalam perancangan instruksional pembelajaran berbasis komputer disusun secara sequensial sehingga memungkinkan pembelajar membangun prinsip-prinsip dan konsep kunci atas dasar pengetahuan yang telah dimilikinya dan bergerak melampaui informasi yang diberikan kepadanya.
c.       Teori Sosial Bandura menekankan pada pentingnya pengamatan dan memperagakan tingkah laku, sikap, dan reaksi emosional secara langsung. Menurut teori sosial Bandura desain instruksional akan lebih efesien jika memberikan keluasaan kepada pembelajar untuk melakukan sesuatu secara langsung, menerapkan sikap dan tingkah laku serta reaksi emosional dalam pembelajaran akan meningkatkan ingatan.
d.      Teori Minimalis Carrol menyarankan agar para perancang desain instruksional untuk meminimalkan materi pembelajaran, mengingat materi yang banyak hanya akan melelahkan dan menghambat proses belajar. Oleh karenanya perancang diminta untuk memberikan perhatiannya pada perancangan aktivitas yang mendukung aktivitas langsung para pembelajar.
e.       Teori Pengembangan Sosial Kognitif  Vygotsky menawarkan suatu teori yang mengatakan bahwa potensi untuk perkembangan kognitif dibatasi oleh suatu rentang tertentu dan bersifat unik bagi setiap individu pembelajar. Teori vygotsky juga mengklaim bahwa pembelajaran akan sangat efektif ketika pembelajar di tempatkan pada suatu lingkungan belajar yang memberikan dukungan penuh (supportive) dan ketika mereka menerima bimbingan yang sesuai dan dimediasi oleh media. Media instruksional tersebut dapat berupa sebuah strategi kognitif, seorang tentor, bahan cetakan, atau komputer serta instrumen lainnya yang menyediakan informasi bagi pembelajar. Peran yang dilakukan oleh media instruksional adalah untuk mengorganisasikan dukungan dinamis yang dapat digunakan pembelajar menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sampai pada batas atas ZDP yang dimiliki pembelajar bersangkutan. Pada saat pembelajar bergerak ke tingkat kepercayaan (comfidence) yang lebih tinggi, media instruksional ini secara sistematis ditarik dan memberikan keleluasaan kepada pembelajar untuk melakukan eksplorasi sendiri.

desain media pembelajaran berbasis komputer harus didasarkan pada pemahaman tentang teori-teori pembelajaran dan bagaimana proses belajar terjadi pada setiap individu.
 

Teori-Teori Pembelajaran Berbasis Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: