Blog Informasi Apa Aja

22 September 2013

Cara Menulis Daftar Pustaka Pada Skripsi



Daftar pustaka adalah salah satu elemen penting dalam sebuah skripsi. Namun dari pengalaman saya, banyak mahasiswa yang masih bingung bagaimana cara menyusun daftar pustaka. Hal ini juga terjadi pada rekan-rekan saya di jurusan Sastra. Mereka mengeluh dan menyatakan menyusun daftar pustaka adalah sesuatu yang rumit. Padahal, penulisan daftar pustaka sudah sering disinggung oleh dosen diberbagai mata kuliah di kampus.

Mengingat hal tersebut, saya tergerak untuk membahas masalah penulisan daftar pustaka di blog ini. Adapun uraian tentang penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

Daftar pustaka sebagai tajuk atau judul ditulis dengan huruf kapital semua

( DAFTAR PUSTAKA )

dan letakkan ditengah sehingga jarak dengan margin kiri dan margin kanan seimbang. Untuk lebih mudahnya Anda bisa mengklik ikon center ( rata tengah ) di program Ms.Word komputer anda. Daftar pustaka sebagai tajuk tidak diberi garis bawah.

Buku, majalah, atau surat kabar yang hendak dicantumkan dalam daftar pustaka disusun menurut abjad nama-nama pengarang atau lembaga yang menerbitkan jika tidak ada nama pengarangnya. Jika nama pengarang atau lembaga yang menerbitkan karangan tidak ada ( meskipun hal ini bisa saja terjadi, namun sangat jarang) penyusunan daftar pustaka didasarkan pada kata pertama judul.

Satu hal yang harus diperhatikan ketika anda menyusun daftar pustaka yang didasarkan pada kata pertama judul, yaitu jika judul tersebut diawali dengan kata sandang. Dalam kasus semacam ini, penyusun daftar pustaka didasarkan pada kata kedua di dalam judul. Adapun yang termasuk kata sandang diantaranya adalah the atau a ( bahasa Inggris ); le,la,un,une ( Perancis); de,het,een ( bahasa Belanda ); al (bahasa Arab).
Daftar pustaka tidak diberi nomor urut. Semua buku yang dijadikan acuan harus dicantumkan di dalam daftar pustaka.

Jika sumber acuan tidak cukup ditulis dalam satu baris, digunakan baris kedua dan seterusnya. Baris kedua dan seterusnya ini menjorok ke dalam sepeluh ketukan dari margin kiri ( atau disesuaikan dengan pertimbangan estetika perwajahan). Jarak antar sumber acuan dua spasi, tetapi jarak antar baris yang tidak cukup dalam satu baris adalah satu spasi. 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka sebagai berikut 


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Nyimas. dkk. 2007. Pengembangan pembelajarn matematika SD.  Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan tinggi,  Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2006. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Cahya, Antonius. 2006. Pemahaman Dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar Dan Menarik. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan

Darhim. 1992/1993. Work shop matematika modul 1-6. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral pendidikan dasar dan menengah bagian proyek penataran guru SLTP setara D-III.

Depdikbud. 1997.  Matematika.  Jakarta: Universitas Terbuka.

-------------.  1992/1993. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Depdikbud Direktorat Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Tinggi Proyek Pembinaan tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2003. Seminar Nasional Exchange Experience Pembelajaran MIPA Kontekstual dalam Menyongsong Implementasi KBK. Malang: Universitas Negeri Malang FMIPA.

Herman, Tatang. 2001. Pengembangan  Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Kolaborasi Penelitian Tindakan. Jakarta:  Japan International Cooperation Agency Directorate General of Higherducation Departement of National Education.

Kahfi, M.S. 1997. Membenahi Pembelajaran Geometri di Sekolah melalui Teori
            Van Hiele. Karmath, III (2): 31.

Kennedy, LM dan Tipps, S. 1994. Guildey Children`s Learning of Mathematies.
             New York: Wes Pablishy Company.

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). 2006. Mata pelajaran matematika untuk tingkat SD/MI.  Jakarta: Depdiknas.
 

 

Cara Menulis Daftar Pustaka Pada Skripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: