Blog Informasi Apa Aja

20 September 2013

Contoh LKS Perubahan Pada Benda

Contoh Lembar Kegiatan Siswa (LKS)



Lembar Kegiatan Siswa

(LKS)
 

Mata Pelajaran                       : IPA
Kelas/semester                       : VIa/I
Hari/Tanggal                           : Rabu, 29 November 2011
Alokasi Waktu                        : 20 Menit
Nama Kelompok                    :
Nama Anggota Kelompok     :
1.      ……………………………………
2.      ……………………………………
3.      ……………………………………
4.      ……………………………………
5.      ……………………………………

Judul: Perubahan Pada Benda
A.    Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.
B.     Indikator
A.     Kognitif
1.   Produk
Siswa menuliskan bentuk perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkaratan,pembusukan dengan benar
2.      Proses
Melakukan percobaan tentang perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkaratan, dan pembusukan
B.     Psikomotor
Siswa melakukan pengamatan perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkarata, maupun pembusukan.

C.     Afektif
1.      Karakter
Teliti.
2.      Ketermpilan Sosial
Komunikasi
C.    Tujuan Pembelajaran
A.     Kognitif
1.      Produk
Melalui penjelasan guru, Siswa dapat menuliskan bentuk perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkaratan,pembusukan dengan benar
2.      Proses
Dengan arahan dan penjelasan guru, siswa dapat Melakukan percobaan tentang perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkaratan, dan pembusuka
B.     Afektif
1.      Karakter
Dengan penuh ketelitian Siswa dapat mengelompokkan benda yang dapat mengalami pelapukan, perkaratan, dan pembusukan
2.      Ketermpilan Sosial
Dalam kegiatan diskusi kelompok diharapkan siswa dapat mengkomunikasikan hasil pengamatan untuk menarik kesimpulan.
C.     Psikomotorik
Siswa dapat melakukan pengamatan perubahan benda yang mengalami pelapukan, perkarata, maupun pembusukan.
D.    Alat dan Bahan
1.      Kertas koran
2.      Air
3.      Stoples besar dan transparan
4.      Gunting

E.     Langkah-langkah Kegiatan
1.      Bentuklah sebuah kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa
2.      Remas kertas koran hingga kusut
3.      Gunting kertas koran dengan ukuran 20 cm × 20 cm.
4.      Masukkan air ke dalam stoples hingga 3/4-nya.
5.      Masukkan potongan kertas tadi ke dalam stoples dan biarkan selama 20 menit.
6.      Setelah 20 menit angkat kertas dan amati.
F.     Soal Latihan
Diskusikanlah bersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut.
1.      Apa yang terjadi pada kertas, apakah sama dengan kondisi kertas sebelum direndam dan sesudah direndam?
2.      Bagaimana jika waktu perendaman dilakukan selama 1 minggu?
G.    Kesimpulan
Dari kegiatan di atas, apa yang dapat kalian simpulkan : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Daftar Pustaka
S. Rositawati . Aris muharram. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 6. Jakarta: Pusat perbukuan, Depdiknas

Contoh LKS Perubahan Pada Benda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 komentar: