Blog Teknologi, Pendidikan, Informasi, Hiburan, Kesehatan, Islami dan Apapun Yang Bermanfaat

16 September 2013

Jenis-Jenis Kikir dan Cara Penggunaannya


Kikir adalah salah satu alat yang paling penting dalam pekerjan kerja bangku. Kikir memilii batang baja yang mempunyai gigi-gigi pemarut yang bahan dasarnya dibuat dari bahan baja karbon tinggi.
Adapun fungsi utama dari kikir adalah untuk mengikir dan meratakan permukaan benda kerja. Ukuran panjang sebuah kikir adalah panjang badan ditambah dengan tangkainya.
Penampang kikir ada yang dibuat bermacam-macam bentuk, ada yang bulat, segitiga, persegi, tembareng, segi empat panjang, dan bentuk pipih. Kegunaan dari macam jenis penampang ini adalah untuk mengikir celah atau lubang bentuk bujursangkar dan sebagainya.


jenis kikir

Keterangan :
a.       kikir rata
b.      kikir persegi.
c.       Kikir bulat.
d.      Kikir segitiga.
e.       Kikir pilar.
f.       Kikir pisau.


Kikir berdasarkan permukaannya :
1.   Kikir Bergigi Tunggal.
Pada umumnya kikir ini lebih halus dari pada kikir bergigi ganda pada nomor yang sama , karena itu digunakan untuk pekerjaan finishing. Posisi giginya menyilang membentik sudut 54 derajat terhadap garis sumbu.beram-beram pengikiran tidak cepat lepas dari sela-sela gigi kikir.untuk itu harus dibersihkan dengan sikat kikir.

2.   Kikir Bergigi Ganda.
Kikir bergigi ganda ini alur pahatan dalam dalam lebih dalam daripada pahatan dangkal dan alur ini mempunyai sudut 70derajat
Tingkat kehalusan kikir.
Tingkat kehalusan kikir disatukan dengan ukuran kikir. Meskipun nomor tingkat kehalusan sama, akan tetapi jika ukurannya berbeda, maka kehalusannya tidak sama. Sebagai contoh kikir 16” lebih kasar daripada kikir 12” pada nomor kehalusan yang sama, dan kikir lebih kasar dari pada kikir 8” pada kehalusan yang sama.

Cara memegang kikir :
Cara memegang kikir yang benar adalah jari diletakkan dibagian atas tangkai kikir, sedangkan keempat jari tangan melingkar dibagian bawah tangkai kikir. Jangan sekali-kali menggunakan kikir yang tidak memakai tangkai/gagang yang dipasang dengan kokoh dan kuat.
Penekanan pada kikir.
Tekanan pada kikir tergantung pada ukuran kikir dan benda kerja. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. jika mulai mengikir tekanan yang besar harus mulai terdapat pada tangan kiri dan tekan ringan pada tangan kanan.
  2. Tekana kedua tangan itu harus sama manakala kikir berada ditengah tengah benda kerja yang dikikir.
  3. Jika kedudukan kikir sudah diujung langkah, maka tekanan tangan kiri harus ringan dan tekanan tangan kanan dalam keadaan maksimal.
Pemeliharaan kikir :
      Menyikat beram pada kikir
Supaya benda kerja tidak rusak atau cacat pada waktu dikikir usahakan agar kikir selalu dibersihkan atau disikat dengan sikat baja (sikat kikir) untuk membersihkan dan menmghilangkan beram-beram yang melekat disela-sela kikir. Beram-beram ini akan menyayat benda kerja sehingga meninggalkan goresan-goresan pada hasil pengikiran. Bila beram-beram itu tudak hilang dengan jalan disikat, maka congkellah dengan kawat atau penggores atau pelat yang bergerigi.

Menyimpan Kikir:
Supaya kikir itu tidak bersinggungan satu sama lainnya, maka kikir itu harus disimpan pada tempat yang aman. Untuk itu kikir-kikir sebelum dan sesudah dipakai harus digantung/diletakkan berjajar dengan diberi jarak antara secukupnya.

Jenis-Jenis Kikir dan Cara Penggunaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Faisal Nisbah

0 comments: